Transjakarta berhenti di Halte Rasuna Said
Transportasi dan Logistik

Transjakarta akan Tambah Rute ke Jakarta Utara

  • Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph menyebutkan pihaknya terus melakukan kajian untuk memperluas jangkauan Transjakarta.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dikabarkan akan berfokus menambah rute ke kawasan Jakarta Utara. Penambahan rute tersebut dilakukan untuk menyesuaikan jumlah kepadatan penduduk.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph menyebutkan pihaknya terus melakukan kajian untuk memperluas jangkauan Transjakarta. “Kita terus melakukan kajian daerah mana yang belum terjamah oleh angkutan publik. Saat ini yang jadi salah satu fokus adalah daerah Jakarta Utara,” ujar Daud dilansir Antara pada 10 September 2023.

Daud menyebutkan terdapat perpindahan orang dari Jakarta Pusat ke Jakarta Utara. Hal tersebut perlu diantisipasi untuk kedepannya terjadi kepadatan penduduk. Jakarta Utara sendiri disebut Daud masih kurang terjangkau angkutan umum.

Salah satu kawasan yang menjadi perhatian adalah Marunda. Kawasan tersebut belum dibangun perumahan sehingga akses transportasi publik terbilang sulit. Walau demikian, Daud menyebutkan pihaknya akan berusaha membagi secara merata terkait rute sesuai dengan kepadatan populasi penduduk.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah penduduk DKI Jakarta saat ini tercatat sebanyak 10.609.681 jiwa. Di Jakarta Utara sendiri, tercatat jumlah penduduk sebanyak 1.793.550 jiwa.

Saat ini, Transjakarta melayani 234 rute yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Untuk setiap wilayahnya, Transjakarta memiliki sekitar 50 rute.

Selain menambah rute, Transjakarta juga menargetkan penambahan jumlah armada bus listrik untuk mendukung usaha memperbaiki kualitas udara di Jakarta yang saat ini mengalami masalah polusi yang parah.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah menargetkan penambahan 400 bus listrik hingga tahun 2025. Pada tahun ini sendiri, Transjakarta memproyeksikan penambahan 190 bus listrik.