Nasional

Transportasi Semakin Lengkap, Kini Ada New Oplet Musi Emas untuk Penumpang LRT dan BRT di Sumsel

  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan layanan angkutan feeder berupa angkutan kota (angkot) dengan nama New Oplet Musi Emas
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan layanan angkutan feeder berupa angkutan kota (angkot) dengan nama New Oplet Musi Emas sebagai angkutan pengumpan Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). 

Di awal operasionalnya, angkot ini akan melayani dua rute yakni rute pertama lintas Talang Kelapa - Talang Buruk via Asrama Haji dengan panjang rute 20,4 kilometer (km). Rute kedua yaitu Lintas Asrama Haji - Sematang Borang via Jalan Noerdin Panji dengan rute sepanjang 40,2 km.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kedepannya layanan rute feeder akan terus bertambah. Pihaknya juga akan terus sosialisasikan penggunaan angkutan umum agar kehadirannya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat agar Palembang tidak macet dan udara menjadi lebih bersih.

"Upaya meningkatkan minat masyarakat untuk naik angkutan umum butuh kolaborasi dengan pentahelix yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, akademisi, komunikas masyarakat, pebisnis, dan media," kata Budi dikutip dalam keterangan resmi, Senin, 13 Juni 2022.  

Peluncuran angkutan umum ini dilakukan dengan secara simbolis berupa penyerahan kunci angkot feeder dari Menhub Budi Karya kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dan Walikota Palembang Harnojoyo.

Pada tahap awal ini Budi menyerahkan sebanyak 29 unit angkot feeder kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Untuk diketahui pengguna LRT hingga Mei 2022 telah mencapai 350 ribu penumpang. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan masa pandemi mencapai 150 ribu penumpang.