Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 Adhitya Noviardi
Korporasi

TrenAsia ESG Award 2023: Mengukuhkan Peran Perusahaan dalam Keberlanjutan

  • Pada Rabu, 30 Agustus 2023, TrenAsia menyelenggarakan penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 di Hotel Rafles Jakarta

Korporasi

Distika Safara Setianda

JAKARTA - TrenAsia di bawah naungan PT Tren Media Berjejaring (TMB) merupakan media berjejaring yang berfokus pada bidang ekonomi, riset, dan keuangan. 

Pada Rabu, 30 Agustus 2023, TrenAsia menyelenggarakan penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 di Hotel Rafles Jakarta. Pada usia yang akan menginjak 4 tahun, TrenAsia ingin berkontribusi terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG) dan iklim bisnis lainnya di Indonesia.

Editor in Chief TrenAsia, Adhitya Noviardi mengatakan bahwa ESG Award tahun 2022 lalu, beberapa dewan juri menyepakati bahwa setiap perusahaan yang terlibat dalam produksi akan mendapatkan poin penilaiannya tidak lebih besar, tidak bisa mencapai poin sempurna. Namun, pada saat itu, dewan juri sepakat bahwa karena tahap sosialisasi baru, kami memberikan penilaian poin pada tingkat setengah atau sedang.

“Untuk tahun ini, kami juga bersepakat dengan rekan-rekan dewan juri bahwa poin penilaian kita lebih tingkatkan.  Jadi, seperti yang terjadi tahun lalu, tahun ini juga akan dijalankan dengan ketat. Jika pada tahun lalu suatu elemen mendapatkan 3 poin, pada tahun ini, jika misalnya ada aspek seperti diameter dan kurangnya kesetaraan dalam transaksi karbon, poin akan disesuaikan lebih lanjut sesuai dengan konteksnya,” kata Adhitya Noviardi dalam pidatonya.

Seperti yang telah diungkapkan oleh CEO TrenAsia, Sukirno, dalam paparannya dapat dilihat bahwa isu ESG telah menjadi topik yang signifikan di berbagai lingkungan, termasuk di kalangan pelaku usaha, pemerintah, dan investor.

Yang menarik adalah, saat ini APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) telah membahas hal ini, bahwa aspek ESG tidak hanya akan didalami pada perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, tetapi juga akan diadopsi oleh perusahaan-perusahaan UMKM di Indonesia.

“Kami berharap kekhawatiran kita terhadap lingkungan untuk kedepan menjadi lebih baik dan terealisasi. Selanjutnya, kita juga melihat bahwa melalui penerapan praktik ESG ini, kami berharap perusahaan tidak hanya fokus pada mencari keuntungan semata, melainkan juga fokus pada bagaimana keuntungan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Kami juga mengamati bahwa perusahaan-perusahaan yang telah mengutamakan pendekatan ESG ini menjadi lebih tangguh dan mampu menghasilkan investasi yang lebih berkelanjutan,” tukas Adhitya Noviardi.

“Trenasia telah memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, dan kami mewakili dewan juri mengapresiasi TrenAsia ESG Award 2023 sebagai upaya yang konsisten dalam mendorong praktik ESG di Indonesia menuju arah yang lebih baik. Semoga semua pihak mampu memberikan penilaian yang lebih objektif di masa mendatang terhadap perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan ESG.” ujar Editor in Chief TrenAsia, Adhitya Noviardi.

“Dalam Trenasia ESG Award tahun ini, kami dewan juri telah mengevaluasi sekitar 115 perusahaan yang dinominasikan dalam 29 kategori. Hari ini, kami akan mengumumkan siapa yang akan menerima penghargaan dalam berbagai aspek, baik dari segi tindakan atau keberlanjutan dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG,” sambungnya.

Penilaian terhadap perusahaan tidak hanya didasarkan pada kinerja keuangan dan program-program tahunan, tetapi juga pada komitmen dan konsistensinya dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian ini, dewan juri menemukan beragam fakta menarik dan inisiatif yang beragam dalam implementasi ESG di Indonesia, baik melalui laporan maupun realitas lapangan.

Hasil dari penilaian yang telah dilakukan sejak Juni hingga Agustus 2023, akhirnya dewan juri memutuskan untuk menganugerahkan penghargaan kepada sekitar 58 perusahaan. Penghargaan ini tidak hanya mencerminkan peringkat semata, tetapi lebih menekankan pada kualitas.

Ini mencerminkan implementasi ESG yang telah dijalankan oleh perusahaan-perusahaan tersebut, dan yang diharapkan adalah bagaimana aspek ESG ini dapat terus diterapkan secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

“Kami sepakat untuk mencatat progres setiap tahun dari para nominasi, yang bisa mengalami peningkatan, penurunan, atau bahkan perubahan. Hal ini tergantung pada bagaimana aspek pengelolaan ESG di perusahaan Bapak dan Ibu sekalian.”

“Kami ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan besar harapan kami agar para pelaku usaha terus berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan, melaksanakan kegiatan yang memberikan dampak sosial positif, serta menerapkan tata kelola keuangan yang bertanggung jawab,” tutupnya.