Ilustrasi baju Lebaran Shimmer.
Rumah & Keluarga

Tren Baju Lebaran Shimmer, Apa Itu?

  • Tren baju lebaran dari tahun ke tahun selalu berubah. Akhir-akhir ini mucul istilah shimmer yang sering bersliweran di TikTok. Istilah ini ternyata mengacu pada baju tren lebaran 2024.
Rumah & Keluarga
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Tren baju lebaran dari tahun ke tahun selalu berubah. Akhir-akhir ini mucul istilah shimmer yang sering bersliweran di TikTok. Istilah ini ternyata mengacu pada baju tren lebaran 2024. Tahun sebelumnya, tren baju lebaran adalah hijau sage. Tahun ini beda lagi.

Baju shimmer yang sedang populer hadir dalam beragam pilihan warna, mulai dari abu-abu yang elegan hingga merah muda yang menarik. Tidak hanya itu, pakaian berbahan shimmer juga tersedia dalam berbagai model, termasuk gamis, tunik, dan blouse.

Harga jual baju shimmer bervariasi, ada yang mulai dari Rp60 ribu hingga lebih dari Rp350 ribu, tergantung pada model dan mereknya. Merujuk hal tersebut, sebenarnya apa yang dimaksud dengan shimmer?

Istilah Shimmer

Dilansir dari umsu.ac.id, pada Senin 8 April 2024, shimmer merupakan istilah model baju yang sedang trend pada lebaran 2024. Model pakaian ini biasanya berupa gaun atau gamis untuk perempuan yang tersedia dalam beragam pilihan warna. Salah satu ciri khasnya yaitu kilauan dan cahaya yang dihasilkan dari bahan shimmer silk yang digunakan.

Bahan shimmer silk memiliki permukaan glossy, menciptakan efek metalik yang bersinar. Karena kesan mewah dan menawan, banyak desainer yang tertarik untuk menggunakan dalam berbagai model pakaian.

Tren Shimmer di Lebaran 2024

Bahan shimmer silk banyak dijadikan gaun atau gamis anggun untuk lebaran. Ketika dipakai, gaun akan bersinar dan berkilau, memberikan kesan mewah bagi pemakainya. Tersedia dalam berbagai warna seperti dusty pink, krem, biru muda, nudes, mauve, dan sebagainya.

Gaun shimmer menampilkan kesan mewah dan glamor, memberikan kesan elegan saat dikenakan. Selain gaun, pakaian atasan juga menggunakan bahan shimmer silk, yang cocok dipadukan dengan celana bahan atau celana kulot berwarna netral.

Beberapa desainer busana juga memperkenalkan pasmina berbahan shimmer silk yang nyaman dipakai dan memberikan tampilan yang berbeda. Pakaian dan pasmina shimmer menjadi tren yang viral di lebaran 2024, diminati oleh berbagai kalangan mulai dari ibu-ibu, anak-anak, hingga orang dewasa.

Tren Warna Baju Lebaran 2024

Tahun ini, tren warna mengalami perubahan. Menurut Pantone, warna yang sedang populer pada tahun 2024 adalah peach fuzz, yang memiliki nuansa mirip warna peach dengan sentuhan pink lembut. Prediksi serupa juga dibuat oleh WGSN, perusahaan peramal tren mode yang berbasis di London.

Peach fuzz dan apricot crush diproyeksikan akan menjadi pilihan warna favorit bagi banyak merek fashion ternama untuk koleksi lebaran 2024. Kedua warna ini membawa nuansa yang mengingatkan pada langit saat matahari terbit dan dapat dipadukan dengan berbagai aksesori serta model pakaian tradisional.

Peach fuzz dan apricot crush mencerminkan konsep kesejahteraan, kemakmuran, dan ketenangan di tahun 2024, menjadikannya pilihan yang populer dalam pemilihan warna busana untuk perayaan lebaran.

Dengan kombinasi tren baju shimmer dan warna peach fuzz serta apricot crush, lebaran 2024 diperkirakan akan menjadi momen yang penuh gaya dan keindahan dalam dunia fashion. Ini menunjukkan bagaimana tren mode terus berkembang dan seberapa kreatifnya para perancang busana dalam menanggapi kebutuhan dan keinginan konsumen.