Proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).
Nasional

Tren Istilah: Apa Itu Energi Terbarukan?

  • Energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi yang berasal alam yang mampu digunakan dengan bebas, mampu diperbarui terus-menerus serta tak terbatas
Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Satu dekade terakhir, istilah energi baru terbarukan makin nyaring terdengar dan dibahas di berbagai forum nasional dan internasional.

Mengutip berbagai sumber, energi terbarukan merupakan sumber energi yang berasal alam yang mampu digunakan dengan bebas, diperbarui terus-menerus tanpa batas. Seperti kita ketahui, selama ini aktivitas manusia disokong oleh sumber energi yang berasal dari fosil seperti batu bara dan minyak bumi.

Kendati sangat diandalkan, energi fosil nyatanya tak bisa diperbarui dan berdampak buruk bagi lingkungan. Karena sifatnya yang tak bisa diperbarui, cadangan energi fosil makin menyusut dari tahun ke tahun.

Jenis-jenis energi terbarukan

Penggunaan sumber energi yang semakin meningkat membuat manusia untuk menemukan opsi lainnya dari sumber energi yang ada sekarang ini.  Adapun jenis-jenis energi terbarukan yaitu sebagai berikut.

  • Tenaga surya

Jenis energi yang satu ini berasal dari proses penangkapan energi radiasi tenaga surya atau sinar matahari, kemudian mengubahnya menjadi listrik, panas, atau air panas. Untuk mendapatkan aliran listrik, panas matahari akan diserap menggunakan solar panel (panel surya) kemudian mengubahnya menjadi tenaga listrik.

  • Energi angin

Angin merupakan udara bergerak. Sudah sejak lama angin digunakan sebagai sumber energi. Contohnya di Belanda, angin dimanfaatkan untuk menggerakan kincir. 

Kincir ini yang berfungsi sebagai sumber alat pengolah biji-bijian. Sekarang ini, listrik juga mampu menghasilkan tenaga listrik dengan memanfaatkan turbin. Turbin ini yang berguna untuk menggerakan generator yang membangkitkan listrik.

  • Energi pasang surut

Energi ini diperoleh dari hasil pasang surut air laut. Diketahui, energi jenis ini juga dimanfaatkan di pantai timur Amerika dan Eropa. Turbin yang dipasang tepi laut membantu mengubah energi dari pasang surut air laut menjadi energi mekanik untuk menggiling gandum.

  • Energi Ombak

Energi jenis ini digunakan untuk membangkitkan listrik. Hanya saja, untuk mengembangkan energi ombak ini membutuhkan infrastruktur dengan jumlah biaya yang relatif mahal.

  • Energi panas laut

Air laut memiliki perbedaan temperatur yang mana bagian dalam air laut terasa dingin dan bagian permukaan air laut terasa panas karena terkena sinar matahari. Perbedaan temperatur ini yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan teknologi canggih.

Manfaat Energi Terbarukan

Penggunaan energi terbarukan mampu menyerap sumber daya serta investasi yang mana manfaatnya bisa dirasakan hingga di masa mendatang. Berikut ini beberapa manfaat energi terbarukan, seperti meminimalisasi efek pemanasan global.

Lalu, sumber energi tak terbatas, meningkatkan kesehatan masyarakat, hemat sumber daya serta uang, dan menciptakan lapangan kerja.