KPI
Gaya Hidup

Tren Istilah: Apa Itu Key Performance Indicator?

  • Penilaian suatu pekerjaan di zaman sekarang terus mengalami perubahan yang cepat, apalagi menyangkut dengan performa dari si karyawan itu sendiri.
Gaya Hidup
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Penilaian suatu pekerjaan di zaman sekarang terus mengalami perubahan yang cepat, apalagi menyangkut dengan performa dari si karyawan itu sendiri.

Banyak beberapa penilaian atau tolok ukur agar sebuah perusahaan bisa mengetahui kinerja seseorang atau manajemen, salah satunya dengan KPI (Key Performance Indicator).

Lalu, apa itu KPI?

KPI atau Key Performance Indicator adalah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Biasanya perusahaan menggunakan KPI untuk mengukur kesuksesan pencapaian target mereka. Adapun beberapa karakteristik dari KPI yakni:

- Ukuran Non-Financial

- Ukuran yang sering digunakan (regular measurements)

- Ukuran yang diketahui oleh manajemen

- Semua orang yang ada di dalam suatu organisasi telah mengerti dan memahami KPI

- Tanggung jawab kepada individu dan tim

- Memiliki efek yang sangat signifikan

- Memiliki efek yang positif

KPI diukur dalam periode harian, mingguan dan bulanan. KPI yang baik merupakan suatu hal yang penting dan terus menerus mendapat perhatian dari manajemen. Ketika seseorang menyimpang dari KPI, pihak manajemen dapat mengambil suatu keputusan dan memanggil orang yang bertanggung jawab.

Adapun pengertian KPI menurut para ahli yaitu:

- Menurut Warren (2011), KPI merupakan sebuah pengukuran yang menilai bagaimana sebuah organisasi mengeksekusi visi strategisnya. Visi strategis yang dimaksud merujuk kepada bagaimana strategi organisasi secara interaktif terintegrasi dalam strategi organisasi secara menyeluruh.

- Menurut Banerjee dan Bouti (2012), KPI adalah ukuran berskala dan kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam tujuan mencapai target organisasi. KPI juga digunakan untuk menentukan objektif yang terukur, melihat tren, dan mendukung pengambilan keputusan.

Selain itu, salah satu cara membuat KPI yang relevan adalah dengan kriteria SMART, yang merupakan singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant, time-sensitive.

Specific - adalah tujuan atau hasil yang harus dapat diukur, baik secara kualitas atau pun kuantitas. Hal ini dapat ditempatkan dalam hubungannya dengan performa standar atau harapan dari suatu performa.

Measurable - tujuan atau hasil harus dapat diukur, baik itu secara kualitas atau pun kuantitas. Hal ini dapat ditempatkan dalam hubungannya dengan performa standar atau harapan dari suatu performa.

Achievable - dapat dicapai, tetapi harus diformulasikan sebagai suatu tantangan dan dengan demikian akan menginspirasi organisasi untuk mencapai hasil atau tujuan.

Realistic - menciptakan suatu ide yang merupakan hasil atau tujuan haruslah tercapai, tetapi harus realistis dan beroritentasi hasil.

Time Sensitive - setiap hasil atau tujuan memiliki batasan waktu kapan tujuan atau hasil tersebut dapat dicapai. Fakta bahwa tujuan atau hasil merupakan sesuatu yang membutuhkan batasan waktu akan membuat suatu kemudahan dalam mengukur suatu peningkatan suatu tujuan atau hasil berikutnya.