Ilustrasi kapal dalam program tol laut.
Nasional

Tren Istilah: Apa Itu Tol Laut?

  • Tidak seperti yang dibayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut. Namun lebih tepatnya adalah jalur pelayaran bebas hambatan bagi kapal-kapal khusus yang terintegrasi dengan banyak pelabuhan besar di Tanah Air.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Tol laut merupakan salah satu gebrakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia.

Tol laut menjadi salah satu konsep yang diusung dalam rangka mendukung proses pengangkutan logistik di Tanah Air. Dengan adanya tol laut, maka segala proses distribusi barang antar pulau pun akan semakin mudah dan bisa merata ke daerah-daerah terpencil.

Dilansir dari laman Kementerian Perhubungan, tol laut merupakan program nasional yang dilatarbelakangi karena adanya disparitas harga yang cukup tinggi antara wilayah barat dan timur.

Pada 4 November 2015, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Menteri Perhubungan dan Menteri Perdagangan melaksanakan acara Peluncuran Perdana Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dalam Rangka Pelaksanaan Tol Laut.

Ide Tol laut muncul karena adanya fakta bahwa pertumbuhan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa mengakibatkan transportasi laut di Indonesia menjadi tidak efisien dan mahal, selain itu tidak adanya muatan balik dari wilayah-wilayah dengan pertumbuhan ekonomi rendah membuat pemeretaan ekonomi menjadi semakin sulit diwujudkan.

Seperti Apa Sejatinya Bentuk Tol Laut?

Tidak seperti yang dibayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut. Namun lebih tepatnya adalah jalur pelayaran bebas hambatan bagi kapal-kapal khusus yang terintegrasi dengan banyak pelabuhan besar di Tanah Air.

Kapal-kapal yang digunakan untuk melintasi tol laut adalah kapal-kapal khusus yang sudah disediakan oleh pemerintah. Kapal tersebut memiliki kapasitas jumlah volume angkutan barang yang besar yang bertujuan agar proses distribusi yang dilakukan efisien.

Beragam manfaat yang dimiliki tol laut antara lain adalah mampu menekan harga barang yang ada di daerah pelosok Indonesia, khususnya di wilayah bagian timur. Tol laut juga mampu memangkas waktu pengiriman barang logistik ke daerah-daerah terpencil.