Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis / Plh Direktur Operasi & Teknik David Pandapotan Sirait menyampaikan paparan target kinerja IPC Terminal Petikemas Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 15 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Angel Investor?

  • Angel investor pada umumnya merupakan individu dengan kekayaan bersih tinggi yang mendanai startup pada tahap awal, seringkali dengan uang mereka sendiri.
Industri
Octavia Tunggal Dewi

Octavia Tunggal Dewi

Author

JAKARTA - Angel investor pada umumnya merupakan individu dengan kekayaan bersih tinggi yang mendanai startup pada tahap awal, seringkali dengan uang mereka sendiri.

Dikutip dari thehartford.com, angel investor adalah investor swasta yang fokus pada pembiayaan usaha kecil dengan imbalan ekuitas. Tidak seperti perusahaan modal ventura yang menggunakan dana investasi, angel investor menggunakan kekayaan bersih mereka sendiri.

Angel investor mungkin juga lebih sabar dengan pengusaha dan terbuka untuk memberikan jumlah dolar yang lebih kecil untuk jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pemodal ventura. Namun, mereka ingin melihat strategi keluar di beberapa titik di mana mereka dapat mengantongi keuntungan mereka, biasanya melalui penawaran umum atau akuisisi.

Seorang angel investor atau investor malaikat adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi yang memberikan dukungan keuangan untuk perusahaan rintisan kecil atau pengusaha, biasanya dengan imbalan ekuitas kepemilikan di perusahaan.

Seringkali, angel investor ditemukan di antara keluarga dan teman pengusaha. Dana yang diberikan oleh angel investor dapat berupa investasi satu kali untuk membantu bisnis keluar dari tanah atau suntikan berkelanjutan untuk mendukung dan membawa perusahaan melalui tahap awal yang sulit.

Investasi malaikat sering kali menjadi sumber pendanaan utama bagi banyak perusahaan rintisan yang menganggapnya lebih menarik daripada bentuk pendanaan lain yang lebih ganas.

Dukungan yang diberikan oleh angel investor kepada perusahaan rintisan mendorong inovasi yang diterjemahkan ke dalam pertumbuhan ekonomi. Jenis investasi ini berisiko dan biasanya tidak mewakili lebih dari 10% dari portofolio angel investor.

Angel investor adalah individu yang ingin berinvestasi pada tahap awal startup. Jenis investasi ini berisiko dan biasanya tidak mewakili lebih dari 10% portofolio angel investor. Sebagian besar investor malaikat memiliki kelebihan dana yang tersedia dan mencari tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada yang disediakan oleh peluang investasi tradisional.

Angel investor memberikan persyaratan yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan pemberi pinjaman lain, karena mereka biasanya berinvestasi pada wirausahawan yang memulai bisnis daripada kelangsungan bisnis.

Investor malaikat berfokus untuk membantu startup mengambil langkah pertama mereka, daripada kemunagkinan keuntungan yang mungkin mereka dapatkan dari bisnis. Pada dasarnya, angel investor adalah kebalikan dari pemodal ventura.

Angel investor juga disebut investor informal, angel funder, investor swasta, investor benih atau malaikat bisnis. Ini biasanya adalah individu kaya yang menyuntikkan modal untuk startup dengan imbalan ekuitas kepemilikan atau utang konversi. Beberapa investor malaikat berinvestasi melalui platform crowdfunding online atau membangun jaringan investor malaikat untuk mengumpulkan modal bersama.

Memiliki investor berarti bisnis suatu perusahaan tidak perlu membayar kembali dana karena perusahaan memberikan kepemilikan saham dengan imbalan uang. Investasi malaikat biasanya disediakan untuk bisnis mapan di luar fase startup.

Perusahaan-perusahaan ini telah menjanjikan keuntungan, tetapi masih membutuhkan modal untuk mengembangkan produk atau berkembang. Sebab, uang angel investor dipertaruhkan, mereka dapat sangat termotivasi untuk membantu perusahaan sukses melalui pendampingan atau dengan menawarkan bantuan manajemen langsung.

Satu kelemahan besar angel investor yaitu biasanya mereka menginginkan 10% hingga 50% dari perusahaan sebagai imbalan atas pendanaan.

Penting untuk memikirkan berapa banyak ekuitas yang ingin perusahaan berikan kepada investor untuk pendanaan karena jika perusahaan memberi terlalu banyak, dapat menyebabkan pemilik perusahaan mungkin tidak memiliki kendali lagi jika keadaan tidak berjalan dengan baik dan angel investor memiliki lebih banyak kepemilikan daripada pemilik perusahaan tersebut.