Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis / Plh Direktur Operasi & Teknik David Pandapotan Sirait menyampaikan paparan target kinerja IPC Terminal Petikemas Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 15 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Brand Activation?

  • Definisi brand activation sering disalahartikan atau dikacaukan dengan strategi merek yang lebih umum.
Industri
Octavia Tunggal Dewi

Octavia Tunggal Dewi

Author

JAKARTA - Definisi brand activation sering disalahartikan dengan strategi brand yang lebih umum. 

Namun kebingungan tersebut dapat dimengerti. Sebab, membangun kesadaran dan menghubungkan ke audiens memang menjadi fokus dari sebagian besar inisiatif branding dan pemasaran.

Brand activation atau aktivasi merek merupakan pemasaran yang membangun citra merek serta mendorong tindakan konsumen tertentu melalui satu atau lebih dari 6 disiplin ilmu yang dapat diidentifikasi. Disiplin ilmu tersebut membantu menghidupkan merek dengan berinteraksi dengan para konsumen dalam tingkat pribadi.

Istilah seperti brand activation hampir dijamin akan menimbulkan skeptisisme di kalangan pemasar modern.

Harus diketahui bahwa brand activation lebih dari sekadar kata kunci industri.

Dilansir dari Pipeline.zoominfo.com, brand activation mengacu pada kampanye, acara, atau interaksi di mana merek Anda menghasilkan kesadaran dan membangun hubungan yang bertahan lama dengan audiens yang menjadi target Anda. Sebagian besar brand activation bersifat interaktif, memungkinkan audiens untuk terlibat langsung dengan merek dan produknya.

Brand activation mengacu pada kampanye atau acara tertentu, pengalaman yang terisolasi, dengan tujuan untuk meningkatkan merek Anda dibandingkan proses pencitraan merek yang umum dan berkelanjutan.

Aktivasi merek sangat penting karena akan menghidupkan merek Anda, menarik perhatian dari audiens baru, dan mendefinisikan kembali bagaimana audiens yang ada memandang Anda. Melalui pendekatan yang tepat, brand activation dapat sangat efektif, 98% orang merasa lebih cenderung untuk membeli produk merek setelah menghadiri aktivasi.

Brand activation memerlukan banyak persiapan, bahkan mungkin lebih dibandingkan kampanye atau acara aktivasi pemasaran biasa. Namun, kabar baiknya yaitu pemasar modern yang ingin mengaktifkan merek mereka memiliki berbagai pilihan yang tersedia.

Terdapat 4 strategi pemasaran dan brand activation paling efektif yang dapat dicoba. Di antaranya pemasaran pengalaman, sampel dan kampanye uji coba gratis, brand activation di dalam toko, serta acara industri dan pameran dagang.

Selain itu terdapat juga 4 cara untuk brand activation yang efektif seperti menghormati audiens, memanusiakan merek atau melibatkan manusia nyata yang mewakili brand, memberikan kejutan yang menyenangkan kepada audiens, dan juga dengan mendengarkan umpan balik dari audiens.