Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis / Plh Direktur Operasi & Teknik David Pandapotan Sirait (kiri) menyampaikan paparan target kinerja IPC Terminal Petikemas Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 15 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Market Penetration?

  • Pengertian market penetration bisa menyesatkan. Sebab, terdapat dua arti yang berbeda. Penetrasi pasar(market penetration) dapat didefinisikan sebagai pengukuran atau aktivitas.

Industri

Octavia Tunggal Dewi

JAKARTA - Pengertian market penetration bisa menyesatkan. Sebab, terdapat dua arti yang berbeda. Penetrasi pasar (market penetration) dapat didefinisikan sebagai pengukuran atau aktivitas.

Dilansir dari lightercapital.com, penetrasi pasar yang didefinisikan sebagai pengukuran adalah penilaian tentang seberapa banyak produk yang dijual relatif terhadap total perkiraan pasar untuk produk tersebut, yang dinyatakan sebagai persentase. Ini juga dikenal sebagai tingkat penetrasi pasar.

Dilansir dari Airfocus.com, strategi market penetration adalah proses menyusup ke pasar yang sudah ada. Di mana produk saat ini atau yang serupa sudah ada) dengan produk baru (dari perusahaan atau organisasi Anda.

Ini juga dapat merujuk pada strategi yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk memperluas atau lebih memenuhi basis pelanggan mereka di pasar tempat mereka berada.

Strategi penetrasi pasar yang baik semuanya tergantung pada seperti apa tingkat penetrasi pasar yang 'baik' akan bergantung pada produk, industri, dan TAM (Total Addressable Market) Anda.

Jika Anda mengetahui TAM Anda, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung penetrasi pasar Anda saat ini:

Tingkat Penetrasi Pasar = (jumlah pelanggan / TAM) x 100

Kemudian bandingkan tingkat Anda dengan tingkat penetrasi pasar rata-rata untuk melihat posisi Anda:

Penetrasi pasar rata-rata:

• Produk konsumen = 2 hingga 6%

• Produk bisnis = 10 hingga 40%

Tingkat penetrasi pasar adalah ukuran keberhasilan atau kegagalan upaya penetrasi pasar. Ini mengukur seberapa banyak pelanggan menggunakan produk maupun layanan tertentu. Kemudian, bandingkan jumlah ini dengan total perkiraan pasar untuk produk tersebut.

Misalnya, katakanlah bisnis Anda telah mengembangkan widget. Ukuran pasar widget diperkirakan 100 pelanggan, dan Anda memiliki 10 pelanggan widget. Itu berarti tingkat penetrasi pasar Anda sekitar 10%.

Tentu saja, tingkat penetrasi pasar bukanlah ukuran yang sempurna. Terdapat berbagai cara untuk mengukurnya, dengan membandingkan jumlah pelanggan, pangsa pasar, dan sebagainya.

Peningkatan penetrasi pasar umumnya merupakan hal yang hebat untuk bisnis. Di mana hal ini berarti bahwa jumlah pelanggan di pasar sasaran Anda akan meningkat.

Tingkat penetrasi pasar yang meningkat adalah hal baik. Hal tersebut akan menjadi akibat langsung dari dorongan sukses untuk penetrasi pasar.