Direktur Utama IPC Terminal Petikemas Wahyu Hardiyanto (tengah) berbincang dengan Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis / Plh Direktur Operasi & Teknik David Pandapotan Sirait (kiri) dan Direktur Keuangan & SDM Irwan Favoriet (kanan) seusai menyampaikan paparan target kinerja IPC Terminal Petikemas Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 15 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Fintech

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Performance Review?

  • Performance Review atau tinjauan kinerja adalah penilaian formal di mana seorang manajer mengevaluasi kinerja karyawan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menawarkan umpan balik, dan menetapkan tujuan untuk kinerja masa depan. Tinjauan kinerja juga disebut penilaian kinerja atau evaluasi kinerja.
Fintech
Octavia Tunggal Dewi

Octavia Tunggal Dewi

Author

JAKARTA - Performance Review atau tinjauan kinerja adalah penilaian formal di mana seorang manajer mengevaluasi kinerja karyawan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menawarkan umpan balik, dan menetapkan tujuan untuk kinerja masa depan. Tinjauan kinerja juga disebut penilaian kinerja atau evaluasi kinerja.

Dikutip dari Quantumworkplace.com, tinjauan kinerja adalah cara dasar untuk meningkatkan bakat, memahami kebutuhan dan peluang, dan mengumpulkan kecerdasan untuk membuat hubungan dengan karyawan dan strategi organisasi yang lebih besar. Mereka juga memainkan peran sentral dalam memberdayakan karyawan dengan membantu mencapai potensi penuh mereka. 

Performance review adalah percakapan dua arah dan individual antara manajer dan karyawan tentang dampak kinerja, pengembangan, dan pertumbuhan. Hal ini merupakan komponen penting dari pendekatan manajemen kinerja berkelanjutan untuk mengevaluasi dan mendorong kesuksesan bagi karyawan, tim, serta organisasi.

Terdapat banyak jenis dan pendekatan yang berbeda untuk performance review. Secara sederhana, dapat dikelompokkan menjadi dua tipe umum yaitu multi penilai dan input tunggal.

Di masa lalu, banyak organisasi melakukan performance review tahunan untuk seluruh tenaga kerja mereka. Namun, semakin banyak perusahaan yang bergerak ke arah sistem manajemen kinerja umpan balik di mana manajer sering melakukan tinjauan triwulanan, bulanan, atau bahkan mingguan. Namun faktanya, beberapa organisasi sama sekali menghilangkan performance review formal demi check-in manajer yang lebih kasual dan tatap muka.

Jika dilakukan dengan benar, performance review dapat membantu karyawan memahami apa yang mereka lakukan dengan baik, bagaimana mereka dapat berkembang, bagaimana pekerjaan mereka selaras dengan tujuan perusahaan yang lebih besar, serta apa yang diharapkan dari mereka. Manajer yang menggunakan tinjauan kinerja secara efektif dapat lebih mudah mengenali karyawan berkinerja tinggi, memperbaiki masalah sebelum menjadi tidak dapat diatasi, mengomunikasikan harapan, mendorong pertumbuhan dan perkembangan, serta mendorong keterlibatan karyawan.

Karyawan harus didorong untuk mempersiapkan performance review atau tinjauan kinerja. Berikut adalah beberapa saran yang ditawarkan untuk membantu peninjauan berhasil bagi kedua belah pihak:

  • Siapkan catatan. Dorong karyawan untuk membuat catatan sebelum setiap tinjauan kinerja. Mereka harus mendokumentasikan topik yang ingin mereka diskusikan, kekuatan, kelemahan, dan tujuan.
  • Curah pendapat. Karyawan harus dapat berbagi contoh nyata tentang bagaimana mereka telah memenuhi tujuan yang ditetapkan pada tinjauan terakhir dan bagaimana mereka telah meningkat secara keseluruhan.
  • Evaluasi diri. Karyawan harus mempraktekkan evaluasi diri dengan memberikan penilaian kinerja tiruan untuk diri mereka sendiri. Mereka harus mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, pencapaian, dan tujuan baru.
  • Datang dengan pertanyaan. Karyawan harus memiliki lingkungan yang aman untuk mengajukan pertanyaan dalam tinjauan kinerja. Mempersiapkan pertanyaan sebelumnya dapat membantu memastikan semua yang perlu ditanyakan telah ditanyakan.
  • Masukkan ulasan kinerja. Untuk mengevaluasi kinerja dalam organisasi Anda dan menentukan apa yang dibutuhkan karyawan Anda untuk berhasil, Anda memerlukan proses yang terbukti benar.

Tinjauan kinerja tahunan adalah salah satu pilar utama program manajemen kinerja, seiring dengan berkembangnya strategi kinerja.