<p>Ilustrasi lahan migas</p>
Nasional

Tren Istilah Energi: Apa Itu Eksplorasi dan Eksploitasi Migas?

  • Istilah eksplorasi dan eksploitasi migas sering muncul dalam bidang energi. Dua istilah ini muncul ketika perusahaan sedang mencari atau mendapatkan minyak bumi dan gas.
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Istilah eksplorasi dan eksploitasi migas sering muncul dalam bidang energi. Dua istilah ini muncul ketika perusahaan sedang mencari atau mendapatkan sumber baru dari migas.

Sebagaimana diketahui, kegiatan usaha migas meliputi kegiatan usaha dari hulu ke hilir. Sedangkan eksplorasi dan eksploitasi migas merupakan bagian dari kegiatan hulu.

Lebih jelas lagi, mengutip pasal 1 ayat 5 PP 53/2017, eksplorasi migas adalah sebuah kegiatan yang bertujuan memperoleh informasi mengenai kondisi geologi untuk menemukan dan memperoleh perkiraan cadangan minyak dan gas bumi di wilayah kerja yang ditentukan.

Dalam melakukan eksplorasi migas, badan usaha yang sudah mendapat kontrak kerja sama biasanya memulai pencarian migas melalui bergam survey. Adapun survey yang dilakukan biasanya meliputi survei geologi, geofisika, seismik, serta survei gravitasi untuk mencari sumber sumur baru.

Guna memastikan sumur tersebut berisi migas, perusahaan perlu melakukan pengeboran wild-cat. Sebagai informasi, wild-cat merupakan istilah untuk menyebut sumur eksplorasi yang dibor di daerah yang masih belum terbukti mengandung migas berdasarkan pertimbangan geologi dan akumulasi hidrokarbon.

Perlu dicatat, pengeboran eksplorasi belum tentu menemukan cadangan migas. Namun jika berhasil, maka kegiatan selanjutnya untuk memperoleh migas atau eksploitasi dapat dilakukan.

Sedangkan eksploitasi adalah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan minyak dan gas bumi dari Wilayah Kerja yang ditentukan.

Eksploitasi migas biasanya terdiri atas pengeboran dan penyelesaian sumur, pembangunan sarana pengangkutan, penyimpanan, dan pengolahan untuk pemisahan dan pemurnian minyak dan gas bumi di lapangan serta kegiatan lain yang mendukungnya. 

Lewat kegiatan eksplotasi, minyak mentah yang sudah diambil diolah oleh perusahaan dan dimurnikan oktannya untuk kemudian diubah menjadi bahan bakar untuk berbagai kepentingan.