Ilustrasi Groundbreaking
Nasional

Tren Istilah Infrastruktur: Apa Itu Groundbreaking?

  • Indonesia direncanakan akan berpindah Ibukota ke Pulau Kalimantan pada tahun 2024 mendatang. Tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nasional

Feby Dwi Andrian

JAKARTA - Indonesia direncanakan akan berpindah Ibukota ke Pulau Kalimantan pada tahun 2024 mendatang. Tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dikutip dari website ikn.go.id pada April 2021 silam, Kementerian PPN/Bappenas menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara yang berlokasi di Kalimantan Timur akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mempercepat pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, hingga membuka jutaan lapangan kerja dengan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi.

Pembangunan Ibu Kota Negara akan menciptakan struktur ekonomi Kalimantan Timur yang kokoh dan setara dengan negara maju, serta mempercepat peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia agar setara dengan negara-negara berpendapatan tinggi.

"Kita optimistis, mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-groundbreaking pada tahun ini. Tanggal 17 Agustus 2024 itu presiden bisa melaksanakan 17 Agustusan di Ibu Kota Negara Baru," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI pada 17 Maret 2021.

Dalam kutipan tersebut, disebutkan istilah groundbreaking. Lantas, apa itu groundbreaking dalam dunia infrastruktur?

Mengenal Groundbreaking

Menurut Kamus Istilah Perumaha PUPR, groundbreaking adalah penggalian dasar pondasi bangunan sebagai tahap awal pembangunan atau tahap dimulainya sebuah proyek.

Secara umum, groundbreaking ceremony adalah kegiatan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan. Adapun kegiatan seremonial ini dilakukan di lokasi konstruksi serta untuk proyek yang skalanya besar.

Seperti contoh tanda dimulainya proyek pembangunan apartemen, rusun, perumahan, jalan, masjid, jembatan, hingga proyek pemerintahan.

Tujuan Groundbreaking

Setelah mengetahui apa itu groundbreaking, sebaiknya anda juga mengenal tujuan utama peletakan batu pertama dalam sebuah proyek.

Selain mengenalkan proyek baru agar mendapat dukungan masyarakat, kegiatan ini juga dibangun sebagai media promosi pembangunan dan komitmen para pihak yang terlibat.

Berikut sejumlah tujuan diadakannya peletakan batu pertama pada sebuah proyek bangunan.

1. Simbol Komitmen Pihak Terkait

Sebagai bentuk pengumuman pembangunan telah dimulai, maka peletakan batu pertama sebagai salah satu cara membentuk simbol komitmen dari pihak terkait.

2. Ajang untuk Promosi

Kegiatan seremonial ini juga dijadikan ajang promosi pihak terkait kepada konsumen. Seperti misalnya, pembangunan rumah subsidi. Maka untuk mengenalkan sekaligus menarik perhatian konsumen, acara groundbreaking ini diselenggarakan.

3. Memberikan Keuntungan

Selain promosi ke konsumen, kegiatan ini juga diharapkan menarik perhatian bagi developer properti untuk bergabung.

4. Bentuk Rasa Syukur

Kegiatan ini juga jadi bentuk ungkapan syukur dari pihak yang terkait atas akan dimulainya pembangunan.