Kantor pusat Bursa Efek Indonesia (BEI) di kawasan Senayan, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Tren Istilah Investasi: Apa Itu Rights Issue?

  • Berdasarkan Bursa Efek Indonesia (BEI), rights issue merupakan suatu bentuk penambahan modal yang dilakukan oleh perseroan.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Terdapat berbagai macam istilah dalam dunia investasi saham, salah satunya ialah rights issue. Berdasarkan Bursa Efek Indonesia (BEI), rights issue merupakan suatu bentuk penambahan modal yang dilakukan oleh perseroan.

Dikenal juga Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), perseroan menawarkan hak (right) kepada para pemegang saham perseroan untuk mendapatkan saham baru yang berarti menyetor modal kepada perseroan dengan rasio tertentu.

Dalam gelaran rights issue ini jika para pemegang saham tidak turut andil dalam mengambil haknya, maka ia dapat menjual haknya tersebut kepada pemegang saham lainnya, yang dikenal juga dengan perdagangan right.

Right sendiri merupakan hak yang diberikan kepada investor lama untuk membeli saham baru terlebih dahulu yang dikeluarkan oleh perseroan.

Adapun tujuan dari rights issue sendiri ialah, agar para investor lama diberi kesempatan guna memertahankan presentase kepemilikan sahamnya terhadap perseroan.