Karyawan menunjukkan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Tren Istilah Investasi : Troy Ounce Adalah

  • Istilah troy ounce sering dijumpai oleh hal yang berhubungan dengan harga emas, logam berharga. Namun tahukah Anda apa itu Troy dan bagaimana cara penghitunganya?
Pasar Modal
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA-Istilah troy ounce sering dijumpai oleh hal yang berhubungan dengan harga emas, logam berharga. Namun tahukah Anda apa itu Troy dan bagaimana cara penghitunganya?

Troy ounce sendiri merupakan sebuah sistem satuan fisik massa yang biasanya digunakan untuk logam berharga, bubuk hitam, dan batu mulia.

Penggunaan satuan ini sangat populer di Amerika, meskipun satuan ukur yang ditetapkan internasional sebagai Satuan International (SI) yaitu kilogram atau gram.

Sejarah Satuan Troy Ounce

Sistem pengukuran dan berat troy berasal dari kota Troyes di Prancis, saat pedagang inggris melakukan barter dengan pedagang Prancis, mereka menggunakan sistem pengukuran ini agar perdagangan lebih mudah.

Sistem pengukuran ini juga bisa kita lihat pada sistem moneter Romawi sejak zaman Guillaume le Conquérant (William sang Penakluk), dimana rang-orang menggunakan batangan perunggu sebagai mata uang. Satu batang perunggu beratnya sama dengan 1 pound.

Kemudian mata uang tersebut dibagi lagi menjadi 12 potongan berukuran 1 ons yang dinamai "uncias". Hal ini yang menyebabkan 1 poundnya sama dengan 12 Troy ons.

Troys ons sudah digunakan sejak 1400an di Inggris dan diakui secara resmi pada 1527. Selain itu sistem satuan ini sudah digunakan dibeberapa negara bagian Eropa sebelum adanya sistem internasional (SI).

Cara Hitung Berat Troy Ounce

Bagaimana menghitung massa dalam satuan Troy Ounce? Berat q troy sama dengan 31, 1 gram. sedangkan berat 1 ons sama dengan 28,3 gram menurut satuan internasional (SI).

Misalnya pada saat ini harga emas per troy ounce adalah US$2.000 dan kurs US$ adalah Rp 14.435

Maka cara menghitungnya adalah :

US$2.000 US$ : 31,1gram = US$ 64,3 per gram

US$64,3 x Rp14.435 (kurs rupiah per 25 April 2022) = Rp928.170