Tren Istilah: Kenali Arti Efek Endowment, Benarkah Karena Emosi?
Gaya Hidup

Tren Istilah: Kenali Arti Efek Endowment, Benarkah Karena Emosi?

  • Inilah penjelasan mengenai istilah efek endowment yang bisa dipengaruhi akibat efek emosional.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pengertian dari efek endowment adalah mengacu pada bias emosional yang membuat individu menilai suatu objek yang dimiliki lebih tinggi. Seringkali penilaian tersebut juga tidak rasional daripada nilai pasarnya.

Sedangkan dalam perilaku keuangan, efek endowment atau keengganan divestasi menggambarkan suatu keadaan di mana seseorang mendapatkan nilai lebih tinggi pada objek yang sudah mereka miliki daripada nilai yang akan mereka tempatkan pada objek yang sama jika mereka tidak memilikinya.

Jenis perilaku tersebut pada umumnya dipicu dengan adanya barang-barang yang memiliki makna emosional atau simbolis bagi individu. Namun, hal itu juga dapat terjadi hanya karena individu tersebut memiliki objek yang dimaksud.

Contoh Perilaku Akibat Efek Endowment

Contoh Perilaku Akibat Efek Endowment

Anda bisa memahami istilah efek endowment dari contoh berikut. Seseorang memiliki sebuah lukisan yang sebetulnya relatif sederhana dalam hal harga. Suatu saat ada yang ingin membeli lukisan milik seseorang tersebut dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga beli awal.

Namun, karena adanya efek endowment, hal ini membuat pemilik lukisan menolak tawaran tersebut, meski ia mungkin sudah mengetahui keuntungan yang akan ia terima saat menyetujui tawaran itu.

Jadi daripada menerima pembayaran lukisan, pemilik lukisan dapat memilih untuk menunggu tawaran yang memenuhi harapan mereka atau menyimpan dan menikmati lukisan tersebut sendiri. Kepemilikan yang sebenarnya ini telah mengakibatkan individu menilai lukisan tersebut jadi terlalu tinggi.

Reaksi serupa yang didorong oleh efek endowment juga dapat memengaruhi kepemilikan barang koleksi atau bahkan perusahaan yang menganggap kepemilikannya lebih penting daripada penilaian pasar mana pun.

Itu tadi penjelasan mengenai istilah efek endowment yang bisa dipengaruhi akibat efek emosional.