Tren Istilah: Ketahui Apa Itu Doxing yang Kerap Disebut di Media Sosial dan Efeknya Bagi Korban
Tekno

Tren Istilah: Ketahui Apa Itu Doxing yang Kerap Disebut di Media Sosial dan Efeknya Bagi Korban

  • Inilah penjelasan mengenai istilah doxing yang kerap disebut di media sosial sekaligus bahaya yang disebabkannya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bagi Anda yang kerap menjelajah di media sosial, tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah doxing. Doxing adalah berasal dari bahasa slang dokumen yaitu Dox. Biasanya, doxing adalah tindakan jahat yang digunakan terhadap orang-orang yang bertentangan dengan nilainya atau tidak disukai oleh peretas.

Apa Itu Doxing?

Apa Itu Doxing?

Seperti yang dilansir dari laman Avast, doxing adalah tindakan mengungkapkan informasi pribadi seseorang secara online. Doxing adalah suatu bentuk pelecehan online di mana ada pihak yang mengekspos nama asli seseorang, alamat, pekerjaan, atau data pengenal lainnya secara terbuka.

Doxing terjadi tanpa persetujuan korban dengan tujuan mempermalukan atau mengintimidasi korban. Doxing juga bisa merujuk pada tindakan mengungkap orang sebenarnya di balik nama anonim di media sosial dan mengungkap identitas asli orang tersebut secara online.

Beberapa serangan doxing dapat berakar dari pelecehan atau balas dendam, sementara serangan yang lain bisa jadi menargetkan orang-orang yang secara anonim memposting komentar yang mungkin bertentangan dengan pihak tertentu.

Konsep doxing sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, tapi sampai sekarang masih terjadi dan bisa sangat berbahaya. Hal ini karena begitu alamat fisik seseorang disebar secara luas termasuk lokasi pekerjaan, nomor telepon, email, atau informasi lain di luar sana, mereka jadi sasaran empuk bagi orang yang tidak bertanggung jawab.

Itu tadi penjelasan mengenai istilah doxing yang kerap disebut di media sosial sekaligus bahaya yang disebabkannya.