Badai PHK Terjadi Lagi, Ini Hal yang Harus Dilakukan Usai Dirumahkan
Gaya Hidup

Tren Istilah: Mengenal Career Break yang Banyak Melanda Para Pekerja

  • Inilah penjelasan mengenai arti istilah career break, suatu fenomena yang saat ini terjadi di kalangan pekerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Selain quiet quitting, fenomena yang kini terjadi di kalangan pekerja yaitu career break. Lalu, apa arti dari istilah career break itu sendiri? Simak penjelasan berikut ini.

Career break merupakan cuti kerja yang tidak dibayar atau resign dari pekerjaan sebelumnya namun memiliki tujuan tertentu. Career break atau yang bisa dianggap sebagai istirahat bekerja biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk mencoba mengembangkan aspek lain pekerjaan atau mengelola aspek lain dari kehidupan mereka.

Career break diyakini dapat memberikan pengalaman yang dapat mengubah hidup dan mampu membantu menentukan masa depan seseorang. Tentu saja, ketika melakukan career break, seseorang harus mengevaluasi kinerja dan karier selama ini dan merencanakan pilihan karier yang akan diambil.

Career break dapat berlangsung berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada rencana dan seberapa lama Anda mampu untuk tidak bekerja. Misalnya, Anda dapat mengambil career break selama beberapa bulan, beberapa tahun, atau lebih lama lagi.

Alasan Mengambil Career Break

1. Mengurangi Stres Terkait Pekerjaan

Cara terbaik untuk mengurangi stres dan lelah karena pekerjaan adalah dengan cuti kerja. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil career break untuk istirahat dari lingkungan kerja yang toksik dan mendapatkan kembali energi sebelum bekerja kembali.

2. Memulai Bisnis atau Usaha Baru

Memulai bisnis memerlukan usaha seperti riset, menemukan lokasi yang cocok dan sumber dana untuk memulai bisnis. Anda dapat mempertimbangkan melakukan career break saat fokus terjun ke bisnis untuk meningkatkan penghasilan.

3. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga atau Merawat Anggota Keluarga yang Sakit

Anda mungkin akan merasakan kesulitan ketika harus merawat anggota keluarga yang sakit tapi harus tetap bekerja. Jika Anda kesulitan untuk membagi waktu dan masih ada tabungan dana darurat untuk membiayai biaya hidup Anda, Anda bisa mencoba mempertimbangkan mengambil career break agar lebih fokus merawat anggota keluarga yang sedang sakit.

4. Meningkatkan Keahlian

Kemajuan karier membutuhkan lebih banyak kualifikasi pendidikan untuk memperkuat keahlian Anda. Anda dapat melakukan career break dengan mengambil kursus yang nantinya sangat berguna untuk mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi.

Itu tadi penjelasan mengenai arti istilah career break, suatu fenomena yang saat ini terjadi di kalangan pekerja. Dengan memiliki perencanaan yang tepat saat merencanakan career break, Anda bisa mendapatkan perspektif baru dan menyesuaikan pencarian pekerjaan agar sesuai dengan situasi dan kebutuhan Anda di masa depan.