Kopi Jago di Pasar Baru Jakarta Pusat
Destinasi & Kuliner

Tren Kopi Gerobak Kekinian Ala Jago Coffee, Begini Cara Menjadi Mitra

  • Kehadirannya dengan cara unik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan akses kopi yang lebih mudah dan terjangkau, tanpa harus bergantung pada coffee shop konvensional.

Destinasi & Kuliner

Debrinata Rizky

JAKARTA - Tren kopi gerobak kekinian semakin merambah ke kawasan perkotaan dengan menawarkan aksesibilitas dan kualitas kopi yang berbeda dari konsep tradisional coffee shop.

Awal mula konsep ini merebak berasal dari satu brand bernama Jago Coffee. Kehadirannya dengan cara unik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan akses kopi yang lebih mudah dan terjangkau, tanpa harus bergantung pada coffee shop konvensional.

Devon, seorang barista di Jago Coffee menyebut, konsep bisnis memang menyesar di titik-titik strategis di kawasan perkantoran yang padat dan membutuhkan kecepatan pelayanan demi secangkir kopi tentunya dengan harga yang murah.

"Sampai saat ini penikmat Jago semakin ramai, namun tidak hanya orang perkantoran saja lebih luas lagi ada anak sekolah dan masyarakat sekitar," katanya saat ditemui TrenAsia di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat pada Rabu, 10 Juli 2024.

Devon menjelaskan jika, dalam satu hari Ia dapat memperoleh pendapatan sebesar Rp500 ribu hingga Rp800 ribu sehari, bahkan jika ramai dan kembali menambah stok Ia bisa mendapat hingga Rp1 juta per harinya.

Dalam sehari berjualan Devon membawa sebanyak 65-85 cangkir sehari, bahkan di hari libur jumlah stok kopi yang dibawa bisa lebih dari 100 cangkir. Saat ini Jago Coffee menyasar daerah Jakarta Selatan, Pusat hingga Jakarta Barat.

Jago Coffee menawarkan rasa premium dengan harga yang sangat terjangkau hanya berkisar Rp8.000 hingga Rp12.000. Dengan menu andalannya kopi susu Jago.

Pendiri Jago Coffee

Pemilik Kopi Jago, Yoshua Tanu sempat melakukan rebranding di tahun 2022 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pelanggan. Perubahan konsep dan desain sepeda gerobak listrik serta peluncuran aplikasi khusus Jago Coffee membawa kemudahan bagi pelanggan untuk memesan minuman mereka.

Jago Coffee adalah salah satu bentuk inovasi yang menghadirkan konsep baru di industri kedai kopi (coffee shop) dari yang sebelumnya kita harus datang ke toko, sekarang kita bisa menemukan kopi keliling.

Syarat Bergabung Jadi Mitra Kopi Jago

Syarat untuk bergabung kemitraan bagi hasil di Kopi Jago tergolong cukup mudah. Pemilik usaha yang bermitra dengan Kopi Jago pun tidak harus memiliki pengalaman barista sebelumnya dan dapat buka kafe di mana saja.

Barista atau disebut Jagoan akan bersepeda dari pusat operasional menuju lokasi pilihan Jagoan sendiri (boleh tetap, boleh berpindah) untuk membuka kafe.

Jagoan juga bisa menempati lokasi-lokasi yang direkomendasikan oleh JAGO. Setiap Jagoan dibekali dengan aplikasi JAGO untuk mendapat tambahan pesanan ke lokasi yang dipilih konsumen.  Jagoan memiliki kebebasan untuk mencari pesanan katering atau event dan menempati lokasi tersebut.

Untuk bergabung menjadi Jagoan syaratnya mudah, yaitu:

1. Memiliki e-KTP 
2. Memiliki smartphone Android atau iPhone
3. Bisa mengendarai sepeda
4. Bersedia mematuhi peraturan yang tertuang dalam Perjanjian Kemitraan
5. Bersedia mengikuti training (gratis!)