<p>Ilustrasi wisata pantai Pulau Sombori, Sulawesi Tengah. / Facebook @TravelokaID</p>
Gaya Hidup

Tren Libur Akhir Tahun: 10 Destinasi Wisata RI Paling Dicari di Google

  • Berdasarkan data Google Trends, Provinsi Bali menjadi tren destinasi wisata yang paling banyak di minati dari periode November-Desember dan disusul beberapa provinsi lainnya.

Gaya Hidup
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Industri pariwisata di Indonesia mulai mengalami perbaikan setelah menjadi sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020.

Beberapa tempat destinasi wisata mulai dibuka, setidaknya bagi pengunjung domestik. Selain itu, protokol kesehatan yang ketat tetap harus dilaksanakan meskipun dalam rangka berlibur.

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak masyarakat yang menyiapkan destinasi liburan. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki sejuta destinasi wisata yang mengagumkan.

Berdasarkan data Google Trends, Provinsi Bali menjadi tren destinasi wisata yang paling banyak di minati dari periode November-Desember dan disusul beberapa provinsi lainnya.

Lebih lengkapnya, simak ulasan destinasi liburan di Indonesia yang paling diminati pada bulan ini!

#1 Bali
Wisatawan menikmati Matahari terbenam di Pantai Seminyak, Bali. / Pixabay

Sudah bukan rahasia jika Bali yang terkenal dengan julukan Pulau Dewata menjadi destinasi travel paling populer di Indonesia.

Tak hanya bagi wisatawan domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor hingga kalangan wisatawan mancanegara.

Sejak pariwisata Bali dibuka secara resmi akhir Juli lalu, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi travel. Berikut destinasi favorit yang ada di kabupaten-kabupaten dalam Provinsi Bali:

 1. Gianyar

Dikenal sebagai pusat kesenian dan budaya ukiran di pulau Bali, Kabupaten Gianyar menempati posisi pertama dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 42%.

Tak hanya sebagai surga bagi para seniman, keindahan alam yang ditawarkan oleh kabupaten Gianyar sendiri menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang para wisatawan untuk menjelajahi sisi dari Pulau Dewata satu ini.

Sebut saja kawasan Ubud yang dikenal akan asrinya persawahan Tegalalang, salah satu objek wisata populer yang ada di Bali.

Tempat rekreasi lain yang dapat ditemui di kawasan Gianyar adalah Hot Air Balloon Experience with Meals di Tanah Gajah, Mason Elephant Park, Bali Safari Park, serta Taman Nusa Bali. Sementara, wisata kulinernya yakni Abiansila Restaurant and Sunset Pool Bar, Bebek Bengil, dan Kober Mie Setan.

2. Tabanan

Salah satu ikon pariwisata Bali yang populer lainnya adalah Tanah Lot yang berada di Tabanan. Kabupaten Tabanan yang berada di sisi selatan dari Bali ini sendiri menempati posisi kedua destinasi paling dicari bulan ini dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 35%.

Memiliki luas mencapai 839.33 km persegi yang melingkupi 14,90% dari luas Pulau Bali, ada banyak sekali pesona wisata yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Tabanan.

Destinasi wisata alternatif yang tersedia di Tabanan antara lain Pura Taman Ayun, Air Terjun Blahmantung, Pemandian Air Panas Angseri, dan Alas Kedaton.

Lalu tujuan wisata kuliner andalan di Kabupaten Tabanan adalah Paon Mak Mo, Restoran Ulun Danu Beratan, Bali Strawberry Farm and Restaurant.

3. Karangasem
Salah satu destinasi wisata di kawasan luar Pura Uluwatu, Bali. / Dok. Kemenparekraf

Kabupaten tertinggi di Pulau Dewata ini terkenal akan Gunung berapi aktif di kawasannya tersebut, Gunung Agung. Dengan rata-rata persentase pencarian hingga 32%, Karangasem menempati urutan ketiga sebagai destinasi paling dicari di bulan ini.

Dengan ketinggian yang bervariasi dari 0-3.142 mdpl menjadikan sebagian wilayah Karangasem memiliki ketinggian antara 100-500 mdpl dan 500-1.000 mdpl.

Menjadikan kawasan ini hanya dikelilingi perbukitan sampai pegunungan dengan menampakan fenomena dan pemandangan berkualitas dari atas Bali.

Di wilayah ini terdapat beberapa tempat rekreasi menarik, seperti Telaga Waja River Rafting oleh BTR, Tukad Cepung Waterfall, Pura Besakih, PADI Discover Scuba Diving. Untuk destinasi wisata kulinernya yaitu Oasis Restaurant, Seasalt at Alila Manggis, dan Warung Biker.

4. Badung

Kabupaten yang memiliki monumen terkenal dan sangat fenomenal di Bali ini yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK), menjadikan wilayah ini memiliki rata-rata persentase sekitar 27% menempati urutan keempat sebagai destinasi yang dicari di bulan ini. Daerah ini juga meliputi dua objek wisata terkenal yaitu Kuta dan Nusa Dua.

Selain GWK, tempat rekreasi lain yang dapat ditemui di Badung adalah Waterbom Bali dan Devdan Theater Bali. Sedangkan, untuk tujuan wisata kulinernya yaitu The Cuisine, Koral Bali, Lopodo Café and Catering Canggu, dan Café del Mar Bali.

5. Buleleng

Bergeser ke wilayah Utara Pulau Dewata, kita akan dimanjakan dengan panorama indah dari dataran tinggi di dalamnya, Buleleng. Persentase sekitar 21% membuat kabupaten ini menduduki posisi kelima sebagai destinasi paling dicari di bulan ini.

Kabupaten satu ini memiliki Topografi yang sangat beragam, terdiri dari dataran rendah, perbukitan, hingga pegunungan. Menjadikan Buleleng sering disebut Nyegara Gunung.

Destinasi wisata di Kabupaten Buleleng antara lain Air Sanih, Gedong Kirtya, air terjun Gitgit, dan Pantai Lovina. Sementara, untuk alternatif wisata kulinernya yakni Ngiring Ngewedang Restaurant & Bar, Beatrix Patisserie and Gourmet, La Costa Beach Lounge, serta Lovinalife room and café.

#2 Jakarta
Monumen Nasional (Monas) ditutup untuk umum seiring diberlakukannya PSBB terbaru / Facebook @aniesbaswedan

“J-Town” atau yang biasa disebut Jakarta merupakan tempat unsur-unsur tradisional dan modern serta beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia berpadu.

Tak hanya terkenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta juga memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara.

Tak heran jika Jakarta menempati posisi kedua sebagai destinasi travel di Indonesia paling dicari dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 39%.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya juga destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

Berkunjung ke Jakarta, Anda bisa menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas atau jajanan lezat dan murah dari pedagang kaki lima. Pengalaman menjelajahi ke Jakarta juga tak terasa lengkap tanpa berbelanja di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan mewah.

Saat malam tiba, saksikan penampilan dari musisi atau DJ papan atas sambil menikmati pemandangan gemerlap lampu Ibu Kota dari sebuah rooftop bar.

Untuk suasana yang lebih tenang, kunjungi saja Kepulauan Seribu di sisi utara kota dan nikmati pantai berpasir putih serta pemandangan laut memesona.

Alternatif lain adalah terbang dari Bandara Internasional Soekarno–Hatta ke berbagai destinasi lain di Indonesia, maupun road trip ke jalur lintas Jawa atau Sumatra.

#3 Lampung
Wisata Pulau Tegal Mas, di Pahawang, Lampung / Instagram @tegalmasthomas

Tak terduga, ternyata Lampung menjadi provinsi yang cukup diminati sebagai destinasi wisata dengan rata-rata persentase pencarian sekitar 10%. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan Pulau Sumatra, dengan Ibu kota Bandar Lampung.

Provinsi ini memiliki dua kota, yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa membuatnya terkenal akan keberadaan pantai-pantai menawan.

Berbagai tempat rekreasi yang bisa dikunjungi misalnya Taman Nasional Way Kambas, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Danau Ranau.

Sementara destinasi wisata kuliner unggulan di wilayah ini antara lain Macarena Foodcourt Way Halim, Bakso Sony Lampung, Little Europe Citra Garden, Nasi Uduk Jengkol, dan Ikan Bakar Gembul.

#4 Yogyakarta
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah / Pixabay

Dengan rata-rata persentase pencarian 32%, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati posisi ketiga destinasi paling dicari di mesin pencari. Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan kota wisata populer yang ada di Indonesia.

Seperti kata penyair “akan selalu ada sesuatu di Jogja”, daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis.

Berbagai destinasi wisata dapat ditemui di wilayah ini seperti Malioboro, Taman Sari, Pule Payung, hingga Pantai Drini. Yogyakarta juga mejadi salah satu tujuan wisata kuliner favorit dengan harga makanan yang terjangkau.

#5 Jawa Barat
Destinasi wisata Dusun Bambu di Bandung Jawa Barat / id.pinterest

Terdapat banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang menjadikan Provinsi ini mempunyai persentase pencarian rata-rata sekitar 7% sebagai destinasi yang paling dicari.

Berbatasan langsung dengan Ibu Kota negara, menjadikan provinsi ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama partner traveling mulai dari Lembang, Sukabumi, Cirebon, hingga ibu kotanya, Bandung.

Beberapa tempat wisata terkenal yang menjadi tujuan wisata di Tanah Sunda ini antara lain Kawah Putih, Ciwidey, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Cipanas, Museum Zoologi, hingga Kebun Raya Bogor.

Tentu saja Jawa Barat mempunyai kuliner khas seperti Surabi Bakar Bandung,  Mie Kocok Bandung, Karedok, Asinan Bogor, Roti Unyil, dan Tahu Gejrot. (SKO)