6 Risiko Paylater yang Bikin Anak Muda Indonesia Terjerat Utang
Fintech

Tren Paylater (Part 1): Geliat Perbankan di Industri BNPL

  • Sejumlah bank terkemuka telah meluncurkan fitur paylater dengan berbagai promo menarik.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Layanan buy now pay later (BNPL) semakin diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai alternatif pembayaran yang fleksibel. 

Sejumlah bank terkemuka telah meluncurkan fitur paylater dengan berbagai promo menarik. Berikut adalah perbandingan layanan paylater dari beberapa bank besar yang sudah mencantumkan tenor dan bunga pinjaman sehingga bisa menjadi referensi yang ingin menggunakan layanan ini.

1. BCA (BBCA)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) menawarkan layanan Paylater BCA dengan promo menarik berupa cashback senilai Rp100.000. Selain itu, nasabah juga dapat menikmati bunga 0% untuk cicilan 1 bulan dan 3 bulan. 

Paylater BCA dapat digunakan melalui scan QRIS di aplikasi myBCA. Fitur ini menyediakan limit kredit hingga Rp20 juta dengan mekanisme revolving dan pilihan tenor cicilan 1, 3, 6, atau 12 bulan. Suku bunga yang dikenakan mencapai 2% flat perbulan. 

Promo cashback Rp100.000 berlaku dari 7 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Promo bunga 0% berlaku dari 30 September 2023 hingga 31 Maret 2024.

2. Bank Mandiri (BMRI)

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menghadirkan layanan Livin' Paylater yang bisa diakses melalui aplikasi Livin' by Mandiri. Nasabah cukup melakukan scan QRIS Merchant dan memilih sumber dana Livin' Paylater serta jangka waktu cicilan. 

Layanan ini memungkinkan transaksi mulai dari Rp10.000 hingga maksimum Rp20 juta dengan tenor cicilan 1 hingga 12 bulan. 

Biaya denda keterlambatan mulai dari 4% perbulan dari tagihan tertunggak. Livin' Paylater menawarkan bunga pinjaman 0% untuk tenor 1 dan 3 bulan, serta mulai dari 1,5% flat per bulan untuk tenor di atas 3 bulan. Biaya admin mulai dari 0,25% per transaksi.

3. BNI (BBNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI/BBNI) berencana meluncurkan fitur paylater di aplikasi BNI Mobile Banking pada tahun ini.

Fitur ini akan melengkapi layanan yang sudah ada, termasuk kerjasama dengan platform lokapasar seperti Shopee dan Traveloka. 

Layanan paylater ini memberikan kemudahan dalam pembayaran dengan opsi cicilan yang fleksibel, serta memperhatikan manajemen risiko yang ketat untuk mencegah kegagalan kredit.

Baca Juga: Laporan Terbaru: PayLater Menjadi Pilihan Utama Kredit Pertama bagi Konsumen Indonesia

4. BTN (BBTN)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN/BBTN) akan meluncurkan layanan paylater pada kuartal I/2024, khususnya untuk nasabah eksisting yang mencapai 5 juta orang. 

Layanan ini diharapkan dapat memberikan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan paylater dari lembaga lain, serta diintegrasikan dengan kredit pemilikan rumah (KPR) BTN. Proses kredit diharapkan bisa cair dalam 1 hingga 2 hari dengan model kredit online dan revolving.

5. CIMB Niaga (BNGA)

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) akan meluncurkan fitur paylater di aplikasi OCTO Mobile pada April 2024. Fitur ini hanya bisa dinikmati oleh nasabah terpilih dan menawarkan suku bunga yang lebih baik dari fintech

Nasabah dapat mengubah tagihan transaksi ritel minimum Rp500.000 menjadi cicilan 0% untuk periode 3 bulan melalui OCTO Mobile. 

Layanan ini dirancang untuk memudahkan nasabah dalam satu aplikasi, termasuk tabungan, paylater, kartu kredit, dan e-money.

6. Bank DBS Indonesia

Pemegang kartu kredit PT Bank DBS Indonesia dapat memanfaatkan layanan Digibank Pay Later. Digibank Pay Later memiliki dua opsi cicilan, yang pertama adalah Cicilan Transaksi. Cicilan Transaksi memungkinkan nasabah untuk menyicil hingga lima kali transaksi sekaligus dengan pilihan tenor cicilan hingga 6 bulan. 

Kemudian, opsi yang lainnya adalah Cicilan Tagihan. Untuk opsi ini, nasabah dapat menyicil tagihan minimal Rp300.000 dengan pilihan tenor cicilan sampai 60 bulan.  

7. Allo Bank

PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) menjadi bank digital yang telah meluncurkan layanan paylater bagi nasabahnya. 

Paylater dari Allo Bank menawarkan limit hingga Rp100 juta dengan suku bunga 2%-4,5% perbulan dan tenor cicilan 1,3,6, hingga 12 bulan.