​​Trik Kirim Email dari Gmail Tanpa Harus Terkoneksi Jaringan Internet
Tekno

​​Trik Kirim Email dari Gmail Tanpa Harus Terkoneksi Jaringan Internet

  • Inilah beberapa trik mengirim email dari Gmail tanpa harus terkoneksi jaringan internet. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ada beberapa aplikasi yang hanya bisa berjalan ketika Anda memiliki koneksi internet yang baik. Selain itu, karena masih banyak orang yang bekerja dari rumah, salah satu syarat penting untuk menyelesaikan pekerjaan adalah harus menggunakan internet.

Akan tetapi, ternyata Anda tetap bisa bekerja dengan mengirim email lewat Gmail tanpa harus terkoneksi jaringan internet. Anda tetap bisa membaca, membalas, dan mencari pesan di Gmail bahkan saat Anda tidak tersambung ke internet dengan mengunjungi mail.google.com.

Namun perlu dicatat bahwa untuk memudahkan penggunaan Gmail untuk mengirim email secara offline, sebaiknya Anda melakukan bookmark mail.google.com di browser seperti Chrome. Berikut cara atau trik kirim email dari Gmail tanpa harus terkoneksi jaringan internet yang bisa Anda coba.

Cara Mengirim Email dari Gmail Secara Offline Tanpa Koneksi Internet

Pertama, pastikan Anda telah mengunduh Chrome sebagai browser. Hal ini karena Anda hanya dapat mengakses Gmail secara offline di jendela browser Chrome saja dan tidak boleh menggunakan mode Incognito.

  1. Kemudian, buka menu pengaturan offline Gmail atau klik tautan https://mail.google.com/mail/u/0/#settings/offline.
  2. Centang bagian ‘Enable offline mail’.
  3. Pilih pengaturan Anda, seperti berapa hari pesan yang ingin Anda sinkronkan.
  4. Selanjutnya, klik ‘Save changes’.

Untuk menggunakan Gmail saat Anda tidak tersambung ke internet, Anda harus membuka mail.google.com lalu klik bookmark yang telah Anda buat. Perlu untuk diperhatikan bahwa saat Anda mengirim email secara offline, email Anda akan masuk ke folder ‘Outbox’ baru dan dikirim segera setelah Anda kembali online. 

Itu tadi beberapa trik mengirim email dari Gmail tanpa harus terkoneksi jaringan internet. Selamat mencoba.