Tekno

Trio Danau Warna di Ethiopia Terlihat Menakjubkan dari Ruang Angkasa

  • Tiga danau technicolor di Ethiopia, masing-masing memiliki warna yang berbeda terlihat dalam detail yang menakjubkan dalam citra satelit yang baru-baru ini dirilis oleh NASA.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Tiga danau technicolor di Ethiopia, masing-masing memiliki warna yang berbeda  terlihat dalam detail yang menakjubkan dalam citra satelit yang baru-baru ini dirilis oleh NASA. Warna yang tidak biasa adalah hasil dari banyak faktor, termasuk kimia air, kedalaman dan kehidupan satwa liar.

Ketiga danau tersebut adalah Danau Shala yang memiliki rona biru tua,  Danau Abijatta yang berwarna hijau dan Danau Langano yang memiliki rona pasir-kuning mirip dengan tanah di sekitarnya. Danau-danau tersebut terletak di Great Rift Valley di Ethiopia, sekitar  200 kilometer selatan ibu kota, Addis Ababa.

Satelit Landsat 8, yang dimiliki bersama  NASA dan US Geological Survey, mengambil gambar beberapa bulan yang lalu menggunakan Operational Land Imager. Gambar tersebut dirilis secara online pada 7 Oktober oleh Earth Observatory NASA.

Sebagaimana dikutip dari Live Science Jumat 14 Oktober 2022, Danau Shala yang memiliki panjang sekitar  12 km dan lebar  28 km pada titik terlebarnya, adalah yang terdalam dari tiga danau. Dengan  kedalaman maksimum  266 meter  membuat air terlihat berwarna  warna biru tua dari atas. 

Danau ini memiliki banyak ventilasi di dasarnya yang memompa belerang ke dalam air. Akibatnya danau ini  memiliki pH yang sangat tinggi. Menurut Earth Observatory, terlepas dari kondisi ekstrem, danau tersebut berisi sejumlah besar krustasea kecil dan mikroorganisme yang mendukung kawanan besar flamingo dan pelikan yang berkunjung..

Danau Abijatta, yang panjangnya sekitar  17 km dan lebar  15 km adalah yang paling dangkal dari ketiga danau, dengan kedalaman maksimum  14 m . Akibatnya, Abijatta adalah danau yang paling bervariasi dalam warna. Menurut Earth Observatory dalam  50 tahun terakhir, danau tersebut telah kehilangan sekitar sepertiga dari luasnya. Warna hijau Danau Abijatta kemungkinan besar disebabkan oleh mekarnya fitoplankton di permukaannya.

Danau Langano, yang panjangnya sekitar  18 km dan lebarnya  16 km sebagian besar dialiri oleh aliran sungai ke timur. Warna kuning danau berasal dari sedimen coklat yang diangkut dari pegunungan terdekat oleh sungai yang memberi makan. 

Menurut  Earth Observatory  Langano adalah tujuan populer bagi pengunjung  karena merupakan satu-satunya danau di wilayah yang tidak dihuni oleh cacing parasit yang menularkan penyakit yang berpotensi fatal yang dikenal sebagai schistosomiasis.

Tampilan danau yang kontras bahkan lebih mengejutkan mengingat ketiganya dulunya merupakan bagian dari satu badan air purba yang dikenal sebagai Danau Galla, yang juga termasuk Danau Ziway di dekatnya. 

Danau purba yang sangat besar itu kemungkinan terhubung ke laut melalui Sungai Awash  yang masih mengalir sampai sekarang hingga sekitar 10.000 tahun yang lalu. Pada saat itu, pergerakan lempeng tektonik dan perubahan pola curah hujan menyebabkan Danau Galla mulai mengering. 

Sekitar 2.000 tahun yang lalu, danau itu telah terpecah menjadi danau yang berbeda yang terlihat hari ini.