<p>Donald Trump dan Kim Jong Un</p>
Nasional & Dunia

Akur, Trump Kirim Ucapan Ulang Tahun ke Kim Jong Un

  • SEOUL-Meski sering bertukar pernyataan keras dan ancaman, Presiden Amerika Donald Trump mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Penasihat keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-Yong pada Jumat (10/01) mengatakan dirinya bertemu Trump di Washington pekan ini dan diberi pesan untuk disampaikan ke Korea Utara. Pesan itu sendiri telah disampaikan ke […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SEOUL-Meski sering bertukar pernyataan keras dan ancaman, Presiden Amerika Donald Trump mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Penasihat keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-Yong pada Jumat (10/01) mengatakan dirinya bertemu Trump di Washington pekan ini dan diberi pesan untuk disampaikan ke Korea Utara. Pesan itu sendiri telah disampaikan ke Trump pada Kamis.

Chung mengatakan saat tiba kembali di Korea Selatan bahwa Trump ingat hari mereka bertemu adalah hari ulang tahun Kim Jong Un dan telah mengirimnya ucapan selamat ulang tahun.

“Presiden Trump meminta Presiden Moon untuk menyampaikan pesannya kepada Ketua Kim,” kata Chung sebagaimana dikutip Reuters. Dia tidak menjelaskan apakah itu pesan tertulis atau hanya sekadar salam.

Ulang tahun Kim diyakini 8 Januari, meskipun pemerintah Korea Utara tidak pernah mengkonfirmasi tanggalnya. Pemerintah Amerika menyatakan tahun kelahiran Kim adalah tahun 1984, membuatnya kini dia berusia 36 tahun tahun ini.

Pada hari Rabu, Chung juga bertemu utusan khusus Amerika untuk Korea Utara, Stephen Biegun, dan “menegaskan kembali koordinasi Amerika –Korea Selatan di Korea Utara,” kata jurubicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus.

Keduanya juga membahas peristiwa terkini di Timur Tengah dan koordinasi mereka dalam masalah keamanan global.