<p>Kota Podomoro Tenjo. / Kota-podomoro.com</p>
Industri

Turun Harga! Rumah Rp300 Juta Hingga Rp1 Miliar Paling Diincar Konsumen Saat Pandemi

  • Country Manager 99 Group Maria Herawati menyampaikan konsumen mencari harga yang sesuai dengan keuangan mereka saat ini yang terimbas krisis pandemi COVID-19. Kendati demikian, tak sedikit developer yang menurunkan harga properti melihat kondisi ini.

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Perusahaan pengelola portal properti, 99 Group menyebutkan harga rumah kurang dari Rp300 juta dan rentang Rp500 juta sampai Rp1 miliar masih menjadi incaran para konsumen alias top demand sepanjang kuartal III-2020.

Data Analyst 99 group Rayhanali Heiko mengatakan selama enam bulan pertama tahun ini, konsumen properti cenderung mencari harga rumah di bawah Rp1 miliar. Namun, hal ini tak berbanding lurus dengan pasokan yang ada. Mayoritas suplai properti berada pada harga Rp2 miliar sampai Rp5 miliar.

“Jadi masih belum seimbang antara supply dengan demand. User (pembeli properti) masih mencari harga rumah di bawah rata-rata harga yang tersedia saat ini,” kata Rayhanali dalam webinar 99 Group, Senin, 19 Oktober 2020.

Menurut data 99 Group, terdapat sejumlah daerah yang sangat dicari konsumen untuk membeli properti. Kelima dari sepuluh kota berada di Tangerang, Banten. Daerah yang mengalami kenaikan cukup tinggi terjadi di Alam Sutera, Banten dan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kenaikannya mencapai 80,83% (year-on-year/yoy).

“Sementara itu dari segi supply, Kelapa Gading dan Bintaro tercatat sebagai area dengan supply properti terbanyak,” sebutnya.

Harga Turun

Country Manager 99 Group Maria Herawati menyampaikan konsumen mencari harga yang sesuai dengan keuangan mereka saat ini yang terimbas krisis pandemi COVID-19. Kendati demikian, tak sedikit developer yang menurunkan harga properti melihat kondisi ini.

Menurutnya, transisi dari akhir kuartal II-2020 ke awal kuartal III-2020 merupakan masa pemulihan untuk bisnis properti. Demand dan supply properti pun kembali menggeliat di masa itu.

“Pola tersebut pun terus 99 Group amati dengan cermat agar bisa memberikan solusi tepat, baik untuk pencari maupun penjual,” ujarnya. (SKO)