Twitter
Tekno

Twitter Akan Hapus Fitur Keamanan Autentikasi Dua Faktor untuk Pengguna yang Tidak Berlangganan Twitter Blue Mulai Maret 2023

  • Pada Sabtu 18 Februari 2023, Twitter mengumumkan bahwa pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue harus segera berhenti menggunakan pesan teks sebagai metode autentikasi dua faktor (2FA) untuk mengamankan akun.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pada Sabtu 18 Februari 2023, Twitter mengumumkan bahwa pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue harus segera berhenti menggunakan pesan teks sebagai metode autentikasi dua faktor (2FA) untuk mengamankan akun.

Twitter Akan Hapus Fitur Keamanan Autentikasi Dua Faktor untuk Pengguna yang Tidak Berlangganan Twitter Blue

Padahal autentikasi dua faktor adalah alat yang mengharuskan pengguna memasukkan kode atau kunci keamanan, selain kata sandi biasa agar pengguna bisa mengakses akun mereka.

"Langkah tambahan ini membantu memastikan bahwa Anda, dan hanya Anda, yang dapat mengakses akun Anda," kata Twitter tentang proses tersebut.

Namun, Twitter mengubah kebijakan tersebut disebabkan karena ‘aktor jahat’ yang menyalahgunakan sistem autentikasi dua faktor menggunakan nomor telepon tersebut.

Oleh karena itu, setiap pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue, dan masih mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui teks, akan kehilangan akses ke layanan pada 20 Maret jika mereka tidak memilih sendiri.

Selain pesan teks, Twitter menawarkan dua metode autentikasi dua faktor lainnya yaitu aplikasi autentikasi dan kunci keamanan. Kedua metode tersebut akan tetap gratis dan opsi yang tersedia untuk pengguna yang bukan pelanggan Twitter Blue yang masih ingin menerapkan langkah keamanan ekstra untuk akun mereka.