Bosan Sering Tak Punya Uang? Lakukan 7 Hal Ini untuk Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda
Gaya Hidup

Uang di Dompet Tinggal Sedikit Tapi Gajian Masih Lama? Ini yang Harus Anda Lakukan

  • Uang di dompet Anda tinggal sedikit tapi tanggal gajian masih lama? Inilah yang harus Anda lakukan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kita tentu pernah mengalami kekurangan uang padahal gajian masih lama. Hal ini bisa terjadi karena Anda baru saja membayar pajak atau tagihan yang jatuh tempo atau harus membayar pengeluaran yang tidak terduga.

Namun, jika hal ini sering Anda alami, maka Anda perlu memeriksa kembali anggaran dan pendapatan yang Anda peroleh, untuk membuat perubahan yang diperlukan agar Anda bisa menghemat uang dan mencegah terjadinya krisis pendapatan secara teratur.

Berikut beberapa solusi mudah yang bisa Anda lakukan saat kekurangan uang.

1. Gunakan Dana Darurat

Setiap orang harus memiliki dana darurat untuk menutupi pengeluaran tidak terduga. Beberapa ahli keuangan merekomendasikan Anda untuk memiliki uang tunai yang cukup untuk menutupi kebutuhan antara 3 hingga 6 bulan menggunakan dana darurat. Jika Anda saat ini tidak memiliki dana darurat, cobalah untuk mulai menabung sedikit setiap bulan.

Hal ini karena akan ada waktu di mana Anda harus menghabiskan atau menggunakan dana darurat, entah itu untuk tagihan pengobatan atau pengeluaran tidak terduga lainnya. Tetapi jika ini adalah kejadian yang biasa Anda alami, atau Anda menggunakan dana darurat Anda untuk membayar tagihan rutin Anda, maka Anda perlu menilai kembali pengeluaran Anda, menyesuaikan anggaran Anda, atau bahkan mungkin mengambil pekerjaan kedua.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa memiliki dana darurat adalah keharusan karena bisa menyelamatkan kondisi keuangan Anda. Pastikan Anda selalu menyisihkan uang pada bulan-bulan berikutnya untuk membangung kembali dana darurat Anda.

2. Cari Uang Tunai dengan Cepat

Anda bisa bekerja untuk mengumpulkan uang tunai dengan cepat untuk membayar kondisi Anda yang darurat. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjual beberapa barang yang sudah Anda miliki.

Anda juga bisa mengambil pekerjaan sementara yang langsung dibayar pada hari itu juga. Selain itu, Anda juga bisa mengambil pekerjaan paruh waktu tambahan yang akan memberikan Anda bayaran per minggu sehingga memungkinkan Anda untuk dibayar lebih cepat.

3. Buat Rencana Pembayaran

Jika alasan Anda kekurangan uang adalah karena membayar tagihan pengobatan atau kesehatan gigi, Anda bisa mencoba untuk menyusun rencana pembayaran.

4. Atasi Masalah yang Mendasari

Umumnya kekurangan uang berarti karena Anda tidak bisa merencanakan uang dengan baik atau tidak berpegang teguh pada anggaran setiap bulan. Anda perlu mengatasi masalah ini dengan mengupayakan pengetatan anggaran Anda. Anda juga harus memotong pengeluaran yang dilakukan sehingga Anda hanya berbelanja lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan.

Jika Anda belum membuat anggaran, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak menghasilkan cukup uang untuk menutupi tagihan. Jika ini masalahnya, Anda benar-benar mengalami krisis pendapatan dan Anda perlu menemukan solusi jangka panjang untuk membantu Anda menutupi tagihan Anda. Ciptakan tujuan karir dan pikirkan tentang kembali ke sekolah untuk meningkatkan daya penghasilan Anda.