UGM
Sains

UGM Sabet Posisi Tertinggi Skor SINTA untuk Publikasi Ilmiah

  • UGM berhasil mencapai peringkat tertinggi dengan skor sebesar 1.359.729. Capaian ini disertai dengan SINTA Score Overall sebesar 3.689.410, yang telah diumumkan pada bulan Januari 2023.
Sains
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA -  Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil sabet posisi tertinggi dalam indeks Sistem Indeks Kinerja Peneliti Indonesia (SINTA) untuk Publikasi Ilmiah. SINTA merupakan salah satu tolak ukur kualitas publikasi ilmiah.

UGM berhasil mencapai peringkat tertinggi dengan skor sebesar 1.359.729. Capaian ini disertai dengan SINTA Score Overall sebesar 3.689.410, yang telah diumumkan pada bulan Januari 2023.

Direktur Penelitian UGM, Prof. Dr. Mirwan Ushada, menjelaskan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras seluruh fakultas di UGM. Ia menekankan bahwa kontribusi penelitian yang diakui baik secara nasional maupun internasional telah menjadi pilar utama dalam mencapai prestasi tersebut.

“Capaian ini juga menjadi bukti bahwa kontribusi luaran penelitian dosen/peneliti UGM terekognisi nasional dan internasional,” ujar Mirwan, Dilansir ugm.ac.id, Selasa, 9 Januari 2023.

UGM telah menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah melalui serangkaian langkah proaktif yang dijalankan. Salah satunya adalah dukungan yang diberikan kepada publikasi internasional berkualitas tinggi, yang membuka jalan bagi peneliti untuk bersaing di tingkat global. 

Langkah ini memperkuat visi UGM sebagai lembaga akademis yang tidak hanya terfokus pada eksistensi lokal, tetapi juga dalam skala internasional.

UGM Juga mendirikan klinik publikasi dan penyediaan layanan penyuntingan agar proses penulisan dan penerbitan publikasi civitas akademika UGM berkualitas. 

Melalui fasilitas ini, peneliti dan mahasiswa dapat memperoleh bimbingan yang mendalam dalam menyusun naskah ilmiah yang berkualitas serta memastikan bahwa setiap publikasi yang dihasilkan memenuhi standar yang ditetapkan baik secara nasional maupun internasional. 

Kehadiran Nature Masterclass Online menjadi terobosan penting dalam memberikan akses luas kepada sumber daya pembelajaran tingkat tinggi. Melalui platform ini, para peneliti dapat memperoleh pandangan mendalam tentang praktik terbaik dalam penelitian ilmiah, mengakses informasi dari pakar terkemuka di berbagai bidang, dan terus mengembangkan keterampilan mereka dalam menghasilkan publikasi berkualitas.

Mirwan Ushada juga menambahkan bahwa upaya ini tidak hanya sekadar mengukur kualitas riset di UGM, namun juga memperlihatkan komitmen universitas untuk menjadi pusat unggulan dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan kontribusi dalam meningkatkan standar akademik di Indonesia.