<p>Ilustrasi tes darah virus corona (COVID-19). / Pixabay</p>
Industri

Uji Coba Sukses, Brasil Distribusikan Vaksin Sinovac Tahun Ini

  • JAKARTA – Pemerintah Brasil mengumumkan keberhasilan uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 potensial yang dikembangkan oleh China Sinovac Biotech Ltd. Dengan ini, pemerintah setempat optimistis bakal siap mendistribusikan vaksin kepada masyarakat Brasil akhir tahun ini. “Vaksin telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dan mungkin tersedia untuk orang Brasil pada awal Desember,” kata Gubernur Negara Bagian São […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Pemerintah Brasil mengumumkan keberhasilan uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 potensial yang dikembangkan oleh China Sinovac Biotech Ltd.

Dengan ini, pemerintah setempat optimistis bakal siap mendistribusikan vaksin kepada masyarakat Brasil akhir tahun ini.

“Vaksin telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dan mungkin tersedia untuk orang Brasil pada awal Desember,” kata Gubernur Negara Bagian São Paulo, João Dória pada Times of India, Jumat 11 September 2020.

Sebelumnya, vaksin ini juga telah menunjukkan  kekebalan sebesar 98% pada orang tua atau lansia pada hasil uji coba fase 2.

Di Brasil, sekitar 9.000 orang berpartisipasi dalam uji coba vaksin Sinovac. Uji coba dilakukan oleh Butantan Institute di kota Sao Paulo, ibu kota Negara Bagian.

Brasil sendiri diketahui telah menjadi tempat uji coba bagi setidaknya dua kandidat vaksin yakni Sinovac dan AstraZeneca. Sayangnya, uji coba AstraZeneca  dihentikan setelah salah seorang relawan uji coba menderita penyakit yang tidak dapat dijelaskan.

Awal tahun depan, uji coba fase 3 vaksin COVID-19 “Sputnik-V” asal Rusia juga akan diujicoba pada 10.000 relawan di Brasil. Uji coba ini terlaksana dengan kemitraan bersama Institut Teknologi Negara Bagian Paraná atau Tecpar.

Selain itu Brasil juga telah menyanggupi uji coba Tahap 2 dan 3 di Brasil untuk vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh COVAXX, sebuah unit milik United Biomedical Inc.