pope francis.jpeg
Dunia

Ukraina dan Rusia Memanas, Paus Fransiskus Imbau Hari Berdoa Internasional

  • Pada hari Minggu, 23 Januari 2022, Paus Fransiskus menyampaikan keprihatinannya terhadap krisis yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Dunia

Fadel Surur

KOTA VATIKAN – Pada hari Minggu, 23 Januari 2022, Paus Fransiskus menyampaikan keprihatinannya terhadap krisis yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Ia mengumumkan bahwa tanggal 26 Januari 2022 akan ditetapkan sebagai hari berdoa untuk perdamaian internasional. Harapannya, ketegangan di Ukraina yang dinilai membahayakan keamanan Eropa dan dampak yang luas akan berhenti, seperti dikutip oleh TrenAsia.com dari Vatican News pada 24 Januari 2022.

 “Saya mengimbau dengan sepenuh hati pada semua orang yang berkehendak baik untuk berdoa pada Tuhan Yang Mahakuasa agar semua tindakan dan inisiatif politik dapat menguntungkan persaudaraan manusia bukan golongan tertentu,” kata Paus Fransiskus dalam ceramah mingguan di St Peter’s Square, Kota Vatikan, seperti dikutip dari Vatican News.

Paus menambahkan bahwa mereka yang mengejar tujuan mereka sendiri dengan merugikan orang lain bertentangan dengan tujuan hidup sebagai manusia yang diciptakan bersaudara.

Paus Fransiskus telah menyatakan keprihatinannya terhadap ketegangan di Ukraina sebelumnya. Ia terus meminta semua orang untuk berdoa demi kedamaian dan agar dialog dan negosiasi dapat menyelesaikan masalah.

Pada hari Jumat, 21 Januari 2022, diplomat AS dan Rusia gagal membuat terobosan dalam dialog untuk menyelesaikan krisis di Ukraina. Meski begitu, mereka setuju untuk tetap melanjutkan pembicaraan, seperti dikutip dari Reuters.