BMPT.jpg
Tekno

Ukraina Hancurkan Terminator Pertama Rusia

  • Pasukan Ukraina untuk pertama kalinya berhasil menghancurkan kendaraan tempur lapis baja BMPT Terminator Rusia.

Tekno

Amirudin Zuhri

KYIV-Pasukan Ukraina untuk pertama kalinya berhasil menghancurkan kendaraan tempur lapis baja BMPT Terminator Rusia.

Marinir Ukraina mengatakan kendaraan tersebut terdeteksi oleh Batalyon Pengintaian Terpisah ke-140. Mereka selanjutnya membagi koordinat Terminator dengan pasukan artileri terdekat, yang kemudian melakukan serangan.

Jenis artileri apa yang digunakan untuk serangan itu tidak diungkapkan. Juga tidak jelas yang mana dari dua varian Terminator yang diketahui yang jadi korban.

Dalam video yang diambil oleh drone terlihat Terminator berhenti di tengah jalan di tengah hutan. Dalam hitungan detik serangan arteleri menyerangnya. Dua kali meleset, serangan ketiga telak menghantam kendaraan hingga meledak dan terbakar. Tidak jelas kenapa kendaraan itu tidak bergerak saat dua serangan pertama terjadi. Ada kemungkinan Terminator tersebut sedang mengalami masalah teknis seperti mogok.

Serhiy Haidai, Kepala Militer Daerah Luhansk mengatakan penghancuran Terminator tersebut terjadi di Kreminna. Kota ini terletak di wilayah Luhansk yang diperebutkan dan strategis.

Terminator adalah tambahan yang relatif baru untuk persenjataan darat Rusia dan hanya sejumlah kecil dari mereka yang diketahui beroperasi. 

Pengembangan BMPT atau Sistem Pendukung Tank Terminator  pada awalnya didorong oleh persyaratan yang sangat spesifik.  Setelah kehilangan banyak lapis baja selama dua perang Chechnya pada pertengahan 1990-an dan awal 2000-an, militer Rusia menginginkan kendaraan lapis baja yang dapat bekerja sesuai kebutuhan di lingkungan kontra-pemberontakan perkotaan. 

BMPT yang dihancurkan/Facebook

Terminator yang berasal dari sasis tank T-72 membawa lima awak dan dioptimalkan untuk perlindungan lapis baja dan navigasi melalui daerah perkotaan yang penuh rintangan.  Senjatanya juga dipilih dengan mempertimbangkan jenis pertempuran ini.. Ini termasuk meriam ganda 30mm 2A42 dan senapan mesin koaksial 7,62. Terminator juga dipersenjatai dengan empat peluru rudal anti-tank 9M120 Ataka) dan dua peluncur granat otomatis AGS-17D 30mm.

Rusia juga memproduksi varian yang ditingkatkan yakni BMPT-72. Kendaraan yang kadang disebut sebagai Terminator 2. Peningkatan meliputi sistem pengendalian tembakan, turret, dan peralatan komunikasi yang lebih baik. BMPT-72 juga memiliki awak lebih sedikit yakni hanya tiga orang. Juga mendapat perlindungan tambahan dengan memperkenalkan pelindung peledak reaktif armor (ERA).

Sangat sedikit Terminator yang saat ini diketahui berada dalam layanan Rusia. Pada Februari 2022 hanya sembilan BMPT-72 yang dilaporkan digunakan Divisi Tank ke-90 Rusia. Perlu dicatat bahwa kendaraan sekelas ini hampir tidak ada di Barat.

Beberapa penggunaan Terminator kali di Ukraina mulai terlihat setidaknya pada Mei 2022. Karena kendaraan ini dirancang untuk pertempuran perkotaan, jelas Rusia menginginkannya Terminator dibawa ke medan perang. Saat ini dengan pertempuran perkotaan di Bakhmut dan sekitarnya, dan serangan yang lebih besar di timur atau selatan, mereka jelas menjadi aset berharga.