Setelah Taiwan, giliran  Malaysia tarik peredaran Indomie
Korporasi

Ulangi Kasus Mie Sedaap, Indomie Tak Belajar dari Pengalaman Rival?

  • Penarikan produk mi instan asal Indonesia di luar negeri bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, sejumlah varian Mie Sedaap ditarik peredarannya di Singapura, Hong Kong dan Malaysia.
Korporasi
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Kabar penarikan Indomie Rasa Ayam Spesial di Taiwan tengah menjadi sorotan publik. Varian mi rebus produksi Indofood itu ditemukan mengandung etilen oksida, senyawa karsinogenik yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker. 

Penarikan produk mi instan asal Indonesia di luar negeri bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, sejumlah varian Mie Sedaap ditarik peredarannya di Singapura, Hong Kong, dan Malaysia karena mengandung etilen oksida. Taiwan juga sempat menolak mi instan produksi Wings Food tersebut.  

Tercatat ada enam varian Mie Sedaap yang ditarik dari Singapura pada Oktober 2022 yakni Mie Sedaap Korean Spicy Soup, Mie Sedaap Korean Spicy Chicken, Mie Sedaap Soto, Mie Sedaap Curry, Mie Sedaap Kari Spesial instant cup dan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken instant cup. Adapun varian Mie Sedaap yang ditarik di Hong Kong yakni Mie Sedaap Goreng Rasa Ayam Pedas Ala Korea.

Singapore Food Agency (SFA) menyebut sejumlah varian Mie Sedaap yang ditarik mengandung residu etilen oksida dan kloroetanol. Senyawa etilen oksida yang biasa digunakan untuk fumigasi ditemukan pada bubuk capai produk tersebut.

Senyawa ini bisa berbahaya bagi tubuh jika terakumulasi dalam tubuh manusia dalam jangka panjang seperti memicu kanker. “Konsumen yang telah membeli produk tersebut disarankan tidak mengonsumsinya,” ujar SFA dalam pernyataan resmi Oktober 2022. 

Lebih lanjut, SFA menyatakan PT Wings Surya selaku produsen sedang bekerja sama dengan para importir untuk menarik produk Mie Sedaap dengan bubuk cabai dari pasar retail. “PT Wings juga akan mereformulasi produk mereka untuk memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida,” kata SFA.

Pada September 2022, Otoritas Keamanan Pangan Hong Kong yakni The Center for Food Safety (CFS) memerintahkan penghentian penjualan produk Mie Sedaap Rasa Korean Spicy Chicken dari Indonesia. 

Hal itu setelah CFS menemukan sampel mi, bumbu, dan bubuk cabai yang mengandung etilen oksida. Pada Juli 2022, otoritas Taiwan menyita 4,04 ton Mie Sedaap dalam bungkus gelas dari Indonesia karena mengandung etilen oksida yang melebihi standar.

Lima produk yang disita yakni Mie Sedaap Korean Spicy Soup, Rasa Soto, Kuah Rasa Baso Spesial, Rasa Ayam Bawang Telur, dan Korean Spicy Chicken. Deretan produk tersebut diimpor oleh ELOM Group Company.  Juru bicara Wings Group Indonesia, Sheila Kansil, mengklaim Mie Sedaap tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. 

"Kami selalu berupaya menjaga kualitas produk Mie Sedaap. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, kami sedang melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara yang bersangkutan,” ujar Sheila dalam pernyataan resminya tahun lalu.