Lounching Perkumpulan Peneliti Pendidikan dan Pengembangan Anak
Nasional

UMJ Resmikan Organisasi Profesi Baru, Fokus pada Pengembangan Anak

  • PP2A akan menggulirkan berbagai program, termasuk kolaborasi penelitian, penyelenggaraan seminar, penerbitan jurnal, serta pemberian konsultasi dan konseling kepada orang tua dan anak.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) telah meluncurkan Perkumpulan Peneliti Pendidikan dan Pengembangan Anak (PP2A) sebagai sebuah organisasi profesi yang berfokus pada penelitian dan pengembangan anak. 

PP2A adalah sebuah wadah yang terdiri dari dari para dosen dan peneliti yang memiliki ketertarikan mendalam terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan anak-anak.

Inisiatif ini diawali oleh Dr. Suharsiwi, M.Ag, seorang dosen dari Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), yang telah aktif melakukan penelitian di bidang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). 

Dalam upaya untuk memperkuat kolaborasi antarpeneliti dan para praktisi yang peduli terhadap perkembangan anak, PP2A akan menggulirkan berbagai program, termasuk kolaborasi penelitian, penyelenggaraan seminar, penerbitan jurnal, serta pemberian konsultasi dan konseling kepada orang tua dan anak.

Pendidikan dan perkembangan anak merupakan hal yang sangat krusial dan memerlukan perhatian khusus. PP2A bertujuan untuk mengawasi dan mendukung perkembangan anak sehingga mereka dapat mencapai potensi mereka sesuai dengan harapan. 

Melalui diskusi dan penelitian yang dilakukan oleh anggotanya, PP2A berharap dapat menghasilkan kontribusi berupa artikel, jurnal ilmiah dan buku referensi yang bermanfaat tidak hanya bagi dunia akademik tetapi juga untuk masyarakat umum.

“Hak anak adalah hak asasi paling penting maka harus diakui dan dilindungi oleh hukum. Misalnya saja, pendidikan anak berkebutuhan khusus masih mahal dan tidak terjangkau. Seharusnya ditanggung oleh pemerintah. Mendapat pendidikan adalah hak anak,” ungkap Dr. Fal Arovah Windiani, Pakar UMJ, Anggota PP2A, Dilansir umj.ac.id, Selasa, 10 Oktober 2023.

Peluncuran PP2A UMJ, menjadi langkah baru terhadap upaya yang lebih terkoordinasi dalam mendukung pendidikan dan perkembangan anak-anak, serta peningkatan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan anak-anak di masyarakat.