Direktur Utama Pertamina Persero Nicke Widyawati mengunjungi beberapa stand UMKM yang berada di Pertamina Mandalika International Circuit, di Lombok, NTB
BUMN

UMKM Binaan Pertamina Raup Omzet hingga Rp689 Juta di Ajang MotoGP Mandalika 2023

  • Ajang MotoGP Mandalika membawa peningkatan omzet penjualan UMKM binaan Pertamina hingga 53%.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

PRAYA - PT Pertamina (Persero), sponsor utama MotoGP Mandalika 2023, memboyong 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk pamerkan produknya di ajang balap motor level internasional tersebut. Dalam kesempatan tersebut, UMKM binaan Pertamina catatkan omzet hasil penjualan hingga Rp689,6 juta selama tiga hari melayani pengunjung. 

Capaian tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pencapaian tahun lalu di ajang yang sama. Pada 2022, UMKM binaan Pertamina hanya mencatatkan omzet penjualan sebesar Rp452 juta. Artinya, tahun ini ajang MotoGP Mandalika membawa peningkatan omzet penjualan UMKM binaan Pertamina hingga 53% seperti dikutip dari keterangan resmi pada 16 Oktober 2023.

Pada perhelatan MotoGP Mandalika 2023, dari 50 UMKM mitra binaan yang dibawa Pertamina, sebanyak 42 mitra merupakan produsen makanan dan minuman khas nusantara, sedangkan 8 mitra menjual kerajinan di antaranya berupa aneka tenun, kerajinan anyaman bambu, mutiara, kaos khas Lombok, hingga batik Sasambo motif unik Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengungkap Pertamina memang mengajak UMKM binaannya agar bisa membuka pasar lebih luas dan mendunia.

“Selain membuka pasar, mereka juga memenuhi kebutuhan penonton. Kami belajar dari event sebelumnya banyak sekali yang memang membutuhkan makanan minuman, itu yang diperlukan oleh penonton. Tapi ada juga kerajinan khas Lombok,” ujar Nicke.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina berkomitmen akan terus memberdayakan UMKM lokal di Lombok pada gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2023. Gelaran ini menurut Fadjar dapat memberikan dampak peningkatan penghasilan bagi UMKM serta bagi pelaku usaha lokal lainnya dan perekonomian Lombok secara luas.

Fadjar menyebutkan keikutsertaan UMKM binaan Pertamina secara nasional atau secara umum di ajang MotoGP Mandalika 2023 dapat meningkatkan penghasilan dari UMKM tersebut. Selain itu, keikutsertaan tersebut kemudian juga bisa meningkatkan perekonomian dari daerah maupun nasional. 

“Keikutsertaan UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2023 ini juga merupakan salah satu ajang promosi daerah khususnya Lombok untuk memperkenalkan apa yang khas dari Indonesia sehingga wisatawan dari luar negeri bisa merasakan sesuatu hal yang khas di Lombok,” ujar Fadjar.

Fadjar juga berharap ke depannya keikutsertaan UMKM binaan Pertamina dapat memiliki multiplier effect yang lebih tinggi secara nasional sehingga wisatawan yang kembali datang ke Lombok, bisa mencari kembali produk yang pernah mereka nikmati.