TikTok Shop Tutup Jualan 4 Oktober
Industri

UMKM Catat! Ini Janji Tokopedia Usai Disuntik TikTok Rp23,4 Triliun

  • PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berjanji para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan lebih melalui berbagai program dari TikTok
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berjanji para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan lebih melalui berbagai program dari TikTok.

Pertama promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok. Lalu dalam program huluisasi yang dapat mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahliandan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).

Dari sisi pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang, mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.

Dari sisi digital, kerja sama ini juga diharapkan dapat membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia  dan memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

Baca Juga: Resmi! Tiktok Shop Investasi ke Tokopedia Rp23,4 Triliun

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi perusahaan.

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Sebagaimana diketahui, GOTO akan mendapatkan investasi senilai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp23,4 triliun (Kurs Rp15,617 dolar AS) dari Tiktok. Adapun TikTok akan menggenggam 75,01%. Sementara GOTO akan mempertahankan kepemilikan saham sebesar 24,99% di Tokopedia. 

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan Tokopedia akan mengombinasikan bisnisnya di bawah PT Tokopedia. TikTok juga akan memiliki saham pengendalian Tokopedia.