Ilustrasi Modalku x LOTTE Grosir.
Fintech

UMKM Kini Bisa Pinjam dari Fintech Modalku untuk Belanja di LOTTE Grosir

  • Melalui kemitraan ini, UMKM yang sudah berbadan usaha (seperti PT atau CV) dan menjadi mitra LOTTE Grosir dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran tempo tanpa agunan dengan limit pendanaan hingga Rp2 miliar dan tenor maksimal 60 hari.

Fintech

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Pada tanggal 20 Agustus 2024, Modalku, platform pendanaan digital yang fokus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), telah secara resmi menjalin kemitraan dengan LOTTE Grosir, sebuah perusahaan ritel grosir di Indonesia. 

LOTTE Grosir menyediakan berbagai produk kebutuhan grosir yang ditujukan untuk para pelanggan profesional, termasuk pedagang pengecer, warung, hotel, restoran, dan katering (Horeka).

Fasilitas Pembayaran Tempo untuk UMKM

Melalui kerja sama ini, para pemilik usaha kini dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran dengan sistem tempo ketika melakukan pembelian kebutuhan bisnis di LOTTE Grosir. 

Dengan adanya kolaborasi ini, diproyeksikan operasional bisnis dari puluhan ribu UMKM yang tersebar di berbagai wilayah seperti Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan dapat semakin meningkat.

Visi Bersama untuk Mendukung UMKM

Mr. Kim Tae Hoon, selaku Presiden Direktur PT LOTTE Shopping Indonesia, menyatakan bahwa kolaborasi antara LOTTE Grosir dan Modalku berlandaskan visi yang sama, yaitu mendukung pelanggan profesional dan UMKM untuk meningkatkan fokus pada penjualan dan memperluas operasi bisnis mereka.

“Kemitraan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk tidak hanya menyediakan produk berkualitas dan harga yang kompetitif, tetapi juga memberikan dukungan finansial yang diperlukan oleh pelanggan kami untuk berkembang,” kata Tae Hoon melalui pengumuman resmi yang diterima TrenAsia, Selasa, 20 Agustus 2024.

Fokus Modalku pada Sektor Ritel

Arthur Adisusanto, Country Head Modalku, mengungkapkan bahwa sektor ritel menjadi salah satu fokus utama Modalku di tahun ini. Menurutnya, sektor ini memiliki potensi yang besar karena produk ritel tetap menjadi prioritas utama dalam belanja masyarakat Indonesia, yang mencakup berbagai lapisan ekonomi dan demografi.

“Dengan mengintegrasikan satu fasilitas pendanaan kami dengan jaringan luas LOTTE Grosir, Modalku konsisten untuk memperluas jangkauan akses pendanaan kepada UMKM yang berpotensi tumbuh di Indonesia,” ungkap Arthur.

Baca Juga: Fintech Lending Bisa Kasih Pinjaman Rp10 Miliar dengan Syarat Ini

Fasilitas Pembiayaan untuk UMKM di LOTTE Grosir

Melalui kemitraan ini, UMKM yang sudah berbadan usaha (seperti PT atau CV) dan menjadi mitra LOTTE Grosir dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran tempo tanpa agunan dengan limit pendanaan hingga Rp2 miliar dan tenor maksimal 60 hari. 

Sementara itu, UMKM yang belum berbadan usaha juga dapat memanfaatkan fasilitas serupa, dengan limit pendanaan hingga Rp300 juta dan tenor yang sama.

Studi Kasus: Manfaat Pendanaan Modalku bagi UMKM

Salah satu contoh UMKM yang telah merasakan manfaat dari pendanaan Modalku adalah Catering Masterpiece, sebuah usaha katering. Dwi Saktiono, pemilik Catering Masterpiece, menyatakan bahwa sebagai penyedia jasa katering yang sering melayani korporat, mereka kerap menghadapi tantangan dalam pengelolaan modal.

Dampak Penyaluran Pendanaan Modalku

Hingga akhir Juni 2024, Modalku telah berhasil menyalurkan pendanaan kepada puluhan UMKM yang menjadi mitra LOTTE Grosir dari berbagai industri. 

Saat ini, pengusaha ritel tradisional seperti pemilik warung sembako mendominasi portofolio penyaluran dana Modalku dengan persentase sebesar 61%.

Arthur Adisusanto juga menyampaikan bahwa Modalku terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan UMKM mitra LOTTE Grosir dalam memilih dan memanfaatkan fasilitas pendanaan dari Modalku.