Snack Video
Tekno

UMKM Pengguna SnackVideo Naik 135 Persen

  • Penggunaan platform video pendek di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam tiga tahun terakhir.
Tekno
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Platform media sosial berbagi video pendek, SnackVideo catatkan pertumbuhan sebesar 135% pada jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan video pendek untuk memasarkan produknya dalam platform yang memiliki 10 juta pengguna di seluruh dunia tersebut.

“Sepanjang kuartal III 2023, tercatat peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produknya di SnackVideo sebesar 135%,” ujar Head of Marketing SnackVideo Indonesia, Dina Bhirawa pada 30 Oktober 2023 seperti dilansir Antara.

Menurut Dina, penggunaan platform video pendek di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam tiga tahun terakhir. 

Berdasarkan laporan bertajuk "Indonesia Short Video White Paper 2023" yang disusun oleh Ipsos dan SnackVideo, terungkap penggunaan video pendek telah mencapai tingkat penetrasi 70% dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, dengan 22% dari mereka menggunakan platform video pendek untuk keperluan berbelanja. 

Oleh karena itu, SnackVideo mempercayai penggunaan video pendek merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat membantu UMKM meningkatkan pemasaran melalui platform digital.

Dalam mendukung UMKM, SnackVideo juga memberikan bimbingan strategi promosi dan pemasaran kepada UMKM yang memanfaatkan platform yang dikembangkan oleh Beijing Kuaishou Technology Co., Ltd. tersebut. 

Sebagai contoh, SnackVideo menyediakan informasi terkait demografi pengguna, seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis. Data tersebut diharapkan mampu membantu UMKM merancang strategi yang lebih efektif.

SnackVIdeo juga mendorong peningkatan tingkat kewirausahaan di Indonesia. Hal tersebut mengingat masih rendahnya tingkat kewirausahaan di Indonesia yang menurut data Kementerian Perindustrian berada di angka 3,47% pada 2022. Sementara di sisi lain pemerintah memiliki target pertumbuhan wirausaha mencapai 3,95% pada 2024.