<p>Ilustrasi jual beli di Toko Kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) / Dok. SRC </p>
Komunitas

UMKM Toko Kelontong SRC Bersatu Lawan Resesi Akibat Pandemi

  • JAKARTA – Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan tonggak peringatan atas keberagaman Indonesia yang disatukan dalam semangat satu Tanah Air, satu Bangsa, dan satu Bahasa. Nilai-nilai tersebut yang menjadi landasan Sampoerna Retail Community (SRC), komunitas Toko Kelontong Masa Kini, dengan menghadirkan kampanye #BersamaMelangkahMaju. Melalui kampanye tersebut, lebih dari 120.000 SRC serta usaha […]

Komunitas
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan tonggak peringatan atas keberagaman Indonesia yang disatukan dalam semangat satu Tanah Air, satu Bangsa, dan satu Bahasa.

Nilai-nilai tersebut yang menjadi landasan Sampoerna Retail Community (SRC), komunitas Toko Kelontong Masa Kini, dengan menghadirkan kampanye #BersamaMelangkahMaju.

Melalui kampanye tersebut, lebih dari 120.000 SRC serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya di Indonesia bersatu dalam menghadapi keterbatasan serta ketidakpastian di tengah pandemi.

Tentunya untuk dapat terus produktif, berinovasi dan berkontribusi agar dapat berperan dalam upaya menggerakkan perekonomian Indonesia.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang mengajak pelaku UMKM di Indonesia untuk tidak menyerah dengan keadaan saat ini dan tetap mengibarkan semangat serta sikap gotong-royong.

Langkah nyata SRC ini juga sejalan dengan roadmap pengembangan UMKM 2020-2024, yang salah satunya adalah UMKM naik kelas. Sehingga diharapkan seluruh pedagang kelontong untuk bersama melangkah maju demi mewujudkan gerakan nasional UMKM unggul Indonesia Maju.

Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Henny Susanto menegaskan bahwa kampanye #BersamaMelangkahMaju dilakukan dengan mengusung semangat Sumpah Pemuda. Kampanye ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan seperti menghias tampah, kegiatan untuk saling membantu, bergotong royong dan maju bersama. Ini merupakan bukti komitmen SRC dalam menjawab tantangan di masa pandemi ini.

“Momen Sumpah Pemuda merupakan sejarah yang menginspirasi SRC untuk menggelorakan nilai dan semangat persatuan, menjadi sebuah kebersamaan dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Tidak hanya itu, #BersamaMelangkahMaju juga merupakan perwujudan nilai kebersamaan yang terdapat pada logo SRC yang berbentuk anyaman. SRC yakin, semangat yang dibawa akan dapat memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk melalui setiap rintangan dan tantangan” tegas Henny.

Sepanjang 2020 toko kelontong SRC mampu membuktikan ketahanan dan kehandalan mereka dalam menghadapi masa sulit dengan tetap produktif dan berperan aktif dalam kegiatan yang memberikan dampak positif secara luas untuk masyarakat sekitarnya.

Toko Kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) / Dok. SRC
Bangkitkan Ekonomi Daerah

Selama 12 tahun, SRC sebagai bagian dari pelaku UMKM di Indonesia, telah menghadirkan program dan kampanye yang berkesinambungan dan akan terus berperan aktif dalam membangkitkan ekonomi daerah dan memperkuat ketahanan ekonomi nasional, salah satunya dengan mengajak masyarakat berperan serta dengan berbelanja di dekat rumah melalui gerakan BERKAH (Berbelanja Dekat Rumah).

Bahkan sebelum masa pandemi, SRC telah bertransformasi menjadi UMKM yang andal dan membentuk ekosistem digital yang modern. Rekam jejak inilah yang kemudian menjadi visi SRC untuk mendorong kemandirian UMKM.

SRC mengawali tahun 2020 dengan kampanye Jadi Lebih Baik #BersamaSRC, mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus menerus melakukan perubahan, hal ini tercermin dalam konsep pendampingan bisnis yang berkelanjutan kepada para peritel tradisional.

Di awal masa pandemi, SRC menghadirkan kampanye Bersama Toko Kelontong #KitaSalingMenolong. Kampanye ini mendukung usaha pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk pemberian bantuan sosial kepada warga terdampak COVID-19. Kemudian mengedukasi pemilik toko kelontong untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di lingkungan toko. Terakhir, mengajak masyarakat untuk berbelanja dekat rumah agar membantu perekonomian UMKM Indonesia agar bisa bertahan.

#SRCKibarkanSemangat adalah kampanye yang diusung saat memasuki bulan Agustus 2020. Kampanye ini memberikan harapan dan semangat positif kepada pelaku UMKM Indonesia agar dapat melewati masa sulit bersama-sama. Toko Kelontong SRC berkolaborasi dengan UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), memproduksi dan memasarkan Kerupuk Semangat edisi khusus Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

“SRC meyakini bahwa perekonomian Indonesia akan jauh lebih baik ke depannya. Dengan pengalaman panjang SRC dalam berkarya, bekerja sama dan berinovasi, SRC siap untuk menjadi mitra strategis. Sehingga dapat terus memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan. SRC siap menjadi bagian dari proses kemajuan bangsa melalui pengembangan ekonomi mikro,” kata Henny. (SKO)