Ukraina klaim kemenangan atas Rusia dalam sektor makanan nasionalnya yaitu sup borsch.
Dunia

UNESCO Sahkan Kemenangan Ukraina atas Rusia dalam Sektor Kuliner

  • Ukraina memenangkan perselisihan atas kuliner tradisionalnya, sup borsch, dengan Rusia berkat keputusan badan kebudayaan PBB.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

KYIV – Ukraina memenangkan perselisihan atas kuliner tradisionalnya, sup borsch, dengan Rusia berkat keputusan badan kebudayaan PBB.

UNESCO menempatkan sup akar bit tradisional itu dalam daftar warisan budaya Ukraina yang dilindungi, seperti dikutip dari Reuters.

Sup yang berbahan baku ubi bit merah dengan tambahan pasta, daging, dan sayuran lainnya memang terkenal di daerah Eropa Timur. 

Pada pengumuman hari Jumat, 1 Juli lalu, UNESCO menyatakan bahwa sup itu membutuhkan perlindungan atas bahaya invasi kebudayaan Rusia. 

“Kemenangan atas perang borsch adalah milik kita!” tegas Menteri budaya Ukraina, Oleksandr Tkachenko melalui Twitter.

Selama beberapa tahun terakhir, status kepemilikan hidangan itu menjadi rebutan antara Ukraina dan Rusia yang juga mengklaimnya.

Dengan status itu, Ukraina dapat mengajukan permohonan dana khusus untuk membiayai proyek-proyek yang mempromosikan dan melindungi hidangan tersebut.

Penduduk Ukraina menyambut bahagia kemenangan atas Rusia dalam perang sektor budaya ini. 

“Untuk Ukraina, ini adalah kemenangan, mengingat Rusia yang selalu ingin mengklaim sejarah, budaya, bahkan makanan nasional kami,” kata salah satu warga Ukraina, Diana Kharanovych-Yavorska.

Ia menambahkan bahwa sup borshch mungkin saja berbeda di tiap rumah, namun itu tetap merupakan hidangan khas Ukraina.

Salah seorang koki di Kyiv menganggap bahwa unsur paling penting dalam pembuatan sup borshch adalah diracik oleh orang Ukraina.