Bendera Uni Eropa Berkibar di Luar Komisi Eropa di Brussel, Belgia (Reuters/Yves Herman)
Dunia

Uni Eropa Tetapkan Transisi Hijau untuk Mineral Kritis

  • Uni Eropa telah menetapkan target untuk menggali, mendaur ulang, dan memurnikan litium, kobalt, dan logam lain yang dibutuhkan untuk transisi hijau. Namun kekurangan uang, biaya energi yang besar, dan oposisi lokal dapat membuat target tersebut sulit tercapai.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Uni Eropa telah menetapkan target untuk menggali, mendaur ulang, dan memurnikan litium, kobalt, dan logam lain yang dibutuhkan untuk transisi hijau. Namun kekurangan uang, biaya energi yang besar, dan oposisi lokal dapat membuat target tersebut sulit tercapai.

Blok tersebut kemungkinan perlu menemukan cara untuk memangkas permintaan, menemukan bahan pengganti, dan menjalin kemitraan yang mematahkan cengkeraman China pada pasokan mineral.

Critical Raw Materials Act (CRMA), yang akan mulai berlaku pada awal 2024, mengatakan blok tersebut harus menambang 10%, mendaur ulang 25%, dan memproses 40% dari kebutuhan tahunannya atas 17 bahan baku utama pada tahun 2030.

Bahan-bahan tersebut sangat penting untuk baterai kendaraan, magnet turbin angin, dan produk clean tech lainnya yang ingin diproduksi oleh UE. CRMA bertujuan untuk mengurangi ketergantungan blok tersebut pada China, yang mendominasi pemrosesan mineral global dan telah mengancam pasokan UE dengan pembatasan ekspor.

Studi memperkirakan daur ulang akan dibatasi hingga 2035-2040, ketika logam masuk kembali ke pasar sebagai barang bekas.

Para peneliti dari universitas Belgia KU Leuven menyimpulkan dalam laporan tahun 2022, periode hingga tahun 2030 akan menjadi yang paling menantang untuk pasokan logam, menyoroti risiko tembaga, litium, nikel, kobalt, dan unsur tanah jarang.

CRMA bertujuan untuk mempercepat pemberian izin proyek, yang untuk sebuah pertambangan seharusnya dalam waktu 27 bulan, dibandingkan dengan potensi 10-15 tahun sekarang, tetapi kendala lain tetap ada.

Eurometaux, asosiasi Eropa untuk logam non-ferrous, mengatakan Eropa memiliki potensi, tetapi membutuhkan energi yang lebih murah dan pembiayaan Uni Eropa, menunjuk pada dana yang ditawarkan di Amerika Serikat, Kanada, atau Jepang.

Uni Eropa telah melonggarkan aturan bantuan negara dan berencana untuk menghabiskan 3 miliar euro (US$3,3 miliar) untuk meningkatkan produksi baterai, tetapi jumlahnya dikerdilkan oleh subsidi hijau sebesar US$369 miliar dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS.

Dana Kedaulatan Eropa telah diperdebatkan, tetapi sejak itu dibatalkan.

Kelompok industri menyatakan bahwa prioritas proyek-proyek di Amerika Serikat dibandingkan dengan Uni Eropa oleh perusahaan seperti Nyrstar dalam pemulihan galium dan germanium, serta Jervois Cobalt dalam penambangan dan pemurnian, menunjukkan kesenjangan tersebut.

Sementara itu, biaya energi yang lebih tinggi di Uni Eropa telah memaksa pemadaman luas pabrik peleburan logam yang membutuhkan listrik—produksi aluminium UE turun 35% pada tahun 2022 dan terus menurun tahun ini.

UE memiliki rencana untuk mereformasi pasar listriknya, tetapi ini akan memakan waktu untuk menjamin energi terbarukan yang terjangkau.

“Di bidang pertambangan, penggunaan kembali beberapa lokasi yang ada dapat menghasilkan bahan mentah penting yang dianggap sebagai limbah,” ujar Lawrence Dechambenoit, kepala urusan luar negeri global di Rio Tinto, perusahaan pertambangan terbesar kedua di dunia.

“Namun untuk litium, Eropa sangat membutuhkan tambang baru,” katanya. Eurometaux mengatakan proyek yang teridentifikasi dapat memenuhi hampir 40% pasokan UE pada tahun 2030, tetapi jumlahnya tidak pasti.

Ini termasuk Portugal, yang telah menunda pelelangan izin penambangan untuk litium tingkat baterai dan sekarang terperosok dalam skandal korupsi, dan Serbia, yang mencabut izin pada tahun 2022 untuk proyek litium Rio Tinto senilai US$2,4 miliar.

Nicola Beer, liberal Jerman yang mengarahkan CRMA melalui Parlemen Eropa, lebih yakin pada tiga target tersebut. “Saya mendapat telepon dari negara-negara yang menanyakan apa yang dapat mereka lakukan, yang saya anggap sebagai tanda positif,” katanya, dikutip dari Reuters, 18 Desember 2023.

Namun, dia juga menunjukkan apa yang dia sebut sebagai kaki keempat kursi—inovasi untuk meminimalkan penggunaan material atau menemukan penggantinya. Sebagai contoh, dia mengitari piringan hitam yang terbuat dari kayu yang dapat berfungsi sebagai grafit dalam baterai.

Salah satu langkah efektif adalah beralih ke kendaraan listrik yang lebih sederhana dengan baterai yang lebih kecil. Julia Poliscanova, direktur senior di grup kampanye Transport & Environment, mengatakan hal ini dapat memangkas permintaan litium dan nikel hingga seperempatnya.

Niclas Poitiers, peneliti di Bruegel think tank di Brussels, mengatakan tujuan akhir Eropa untuk menjadi pemimpin teknologi bersih mungkin lebih baik dilayani dengan sumber mineral dari sekutu yang andal dan berkonsentrasi pada produk kelas atas seperti baterai, daripada produksi mineral on-shoring.

“Basis kekayaan kami adalah, kami fokus pada pembuatan suku cadang yang paling bernilai tambah dan kami mengalihdayakan hal-hal yang tidak bernilai tambah tinggi. Dan ini adalah sesuatu yang sangat sulit untuk diubah,” ujarnya. CRMA memang menekankan perlunya diversifikasi impor.

Uni Eropa memang telah menandatangani banyak kemitraan dari Argentina ke Zambia dan berharap skema investasi infrastruktur Gerbang Global senilai 300 miliar euro akan menarik negara-negara kaya sumber daya yang ingin mendiversifikasi ekonomi mereka dan juga mengurangi ketergantungan mereka pada China. “Ini adalah tawaran yang saling menguntungkan,” ungkap Poitiers.