Nasional

Unik! Sinar Mas Land Bangun Jalan dari Aspal Campuran Sampah Plastik di BSD City

  • Program ini dilakukan bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan akan dikerjakan mulai 18 Juli hingga akhir 2022
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Sinar Mas Land mengumumkan rencana proyek peningkatan kualitas jalan dengan menggunakan aspal bercampur sampah plastik di lingkungan BSD City sebagai upaya menjaga kelekstarian lingkungan.

Program ini dilakukan bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan akan dikerjakan mulai 18 Juli hingga akhir 2022.

Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land Muhammad Reza Abdulmajid mengatakan, perseroan berfokus untuk memberikan solusi inovatif dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan.

"Penggunaan aspal bercampur sampah plastik di BSD City sebagai upaya perseroan mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan memberdayakan sekitar daerah pembangunan untuk menuju penerapan model ekonomi sirkular," kata Reza Abdulmajid dalam keterangan resmi, Kamis, 14 Juli 2022.

Sinar Mas Land terus berupaya untuk mentrasformasikan BSD City sebagai smart city dengan berbagai inovasi yang dilakukan. Salah satunya dengan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Penggunaan aspal bercampur plastik ini diyakini dapat mendukung proses daur ulang sampah plastik dan menghasilkan jalan dengan ketahanan yang lama dan lebih baik.

Sebelumnya, program pembangunan infrastruktur dan jalan dari aspal bercampur sampah di BSD City ini telah dimulai pada tahun lalu yang sukses diaplikasikan dengan luas 15.518 meter persegi (m2) yang setara dengan 5,37 ton sampah plastik dari TPA. 

Di sisi lain, Chandra Asri sejak 2018 telah menggunakan aspal dengan campuran sampah plastik melalui program aspal plastik untuk Indonesia Asri yang dilakukan bersama pemangku kepentingan lainnya.

Sampai saat ini Chandra Asri telah menciptakan jalan dengan aspal bercampur plastik sepanjang 50,8 kilometer (km) dan 282 ton sampah plastik yang dikelola TPA.