Unik, Terapis Psikologi Ini Gunakan Drakor untuk Membantu Kliennya
Rumah & Keluarga

Unik, Terapis Psikologi Ini Gunakan Drakor untuk Membantu Kliennya

  • Jeanie Chang, seorang terapis psikologi Korea Amerika menggunakan cara yang unik untuk menangani masalah kesehatan mental. Ia menggunakan media drakor atau Drama Korea untuk membantu kliennya.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Jeanie Chang, seorang terapis psikologi Korea-Amerika menggunakan cara yang unik untuk menangani masalah kesehatan mental. Ia menggunakan media drakor atau Drama Korea untuk membantu kliennya. 

Chang, yang merupakan seorang terapis berlisensi dan ahli trauma klinis, menggunakan contoh-contoh dari K-drama dalam pekerjaannya. Dia menyarankan serial-serial tertentu kepada pasiennya untuk membantu mereka mengatasi perjuangan mental.

Selain dari pekerjaannya sebagai terapis, Chang juga memiliki saluran YouTube bernama Noona's Noonchi, di mana dia membahas K-drama dari sudut pandang kesehatan mental. 

Pengaruhnya yang berkembang membawanya untuk mendirikan perusahaannya sendiri yang menawarkan pendidikan dan sumber daya kesehatan mental terkait budaya Korea.

"Alasan utama saya memasukkan K-drama ke dalam pekerjaan saya adalah karena banyak orang kesulitan membicarakan kesehatan mental. Cara terbaik untuk membicarakannya adalah dengan memberikan contoh cerita dari K-drama. Ini membuat mereka merasa lebih ringan dan tidak terlalu terbebani," kata Chang dalam sebuah wawancara dikutip TrenAsia.com dari Korea Times. 

Chang mengalami perjalanan pencarian jati diri sebelum memulai karir klinisnya. Awalnya, dia bekerja sebagai jurnalis, tetapi akhirnya meninggalkan pekerjaannya dan memutuskan untuk mempelajari psikologi.

Chang, yang pindah ke Amerika Serikat saat masih bayi, menemukan cinta pada K-drama ketika dia mengikuti program musim panas di Korea pada tahun 1992. Dia menyadari bahwa menonton K-drama membantunya memahami emosinya dan kesehatan mentalnya.

Pengalaman pertamanya memasukkan K-drama dalam praktik klinisnya terjadi secara kebetulan ketika dia merawat keluarga Tionghoa. Karena sesi yang sulit, dia membawa topik K-drama untuk meredakan ketegangan, menyarankan mereka menonton serial drama "Reply 1988," yang memiliki cerita tentang hubungan keluarga yang serupa. Dia membawa topik K-drama ini ke dalam sesi mereka untuk meredakan ketegangan.

Chang mencatat bahwa K-drama cocok untuk membantu orang merenungkan kesedihan dan trauma mereka sendiri karena menampilkan cerita tentang cinta, hubungan, penyesalan, kesedihan, konflik keluarga, dan trauma.

"K-drama sempurna karena mereka menggambarkan cinta dan hubungan seperti itu. Masih terkait dengan dunia. Setiap orang ingin merasakan hubungan dan tahu ada penyesalan, kesedihan, konflik keluarga, dan trauma. K-drama memiliki tema dan pesan yang universal yang bisa dipahami oleh siapapun," katanya.

Ketika ditanya tentang serial terbaik untuk ditonton untuk mengatasi kesedihan, dia merekomendasikan "Move to Heaven," "Be Melodramatic," dan "Thirty-Nine," meskipun menambahkan bahwa hal itu bisa berbeda untuk setiap orang karena "kesedihan tidak terlihat sama."

Saat ini, Chang tengah menggarap proyek bukunya dan ia berharap bukunya yang berjudul "Bagaimana K-Drama Bisa Mengubah Hidup Anda: Pelajaran Kuat tentang Keterikatan, Penyembuhan, dan Kesehatan Mental" dapat membantu lebih banyak orang memahami pentingnya kesehatan mental.

Buku tersebut membagikan pengalamannya menggunakan K-drama untuk menangani kliennya. Terakhir, Chang juga berharap bisa berkontribusi dalam mengubah pandangan masyarakat Korea tentang kesehatan mental, yang saat ini masih kurang diperhatikan.