UNTR
Korporasi

United Tractors (UNTR) Guyur Arkora Hydro Rp125 Miliar untuk Refinancing Utang dari Singapura

  • Emiten alat berat milik Grup Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR) melaporkan telah memberi pinjaman kepada anak usahanya yakni PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) sebesar Rp125 miliar
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Emiten alat berat milik Grup Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR) melaporkan telah memberi pinjaman kepada anak usahanya yakni PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) sebesar Rp125 miliar. 

Pinjaman tersebut disalurkan melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN) dan PT Bina Pertiwi Energi (BPE) yang diteken pada 27 Maret 2023. Berbentuk pinjaman berulang (revolving), dana segar tersebut akan digunakan oleh ARKO untuk pembiayaan kembali (refinancing) atas pinjaman dari pemegang saham ARKO yaitu ACEI Singapore Holdings Private, Ltd yang menggenggam 10,07% saham perseroan.

Melansir keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis 30 Maret 2023, apabila pinjaman telah dibayarkan oleh ARKO dan mengingat pinjaman ini bersifat berulang (revolving), maka ARKO berencana untuk menggunakan kembali fasilitas sebesar yang telah dibayarkan untuk keperluan investasi serta modal kerja (working capital).

“Khususnya pengembangan kegiatan usaha dalam pelaksanaan proyek pengambilalihan/ akuisisi yang akan dilakukan oleh ARKO,” terang Corporate Secretary, Sara K. Loebis.

Dengan menjadi kreditur ARKO, UNTR menyatakan lebih untung dibandingkan dengan menyimpan dana kasnya di bank dalam bentuk deposito. Disebutkan, ARKO harus membayar bunga sebesar 9,5% per tahun plus biaya managemen sebesar 0,5% per tahun dengan jangka waktu pembayaran 7 tahun sejak tanggal penarikan untuk pinjaman ini.

Menyusul diumumkannya pemberian kredit ini, kinerja saham UNTR terpantau fluktuatif. Per pukul 10.22 WIB, saham UNTR menguat 0,17% ke level Rp29.175 per lembar. Membaik dari harga pembukaan yang dibuka merah di level Rp29.000 per saham.

Sementara itu, saham ARKO ambrol sedalam 6,67% ke level Rp560 selembar.