<p>Kampus UGM/ugm.ac.id</p>
Lainnya

Universitas Gadjah Mada Tergabung Konsorsium U21, Satu-satunya dari Indonesia

  • Bergabungnya UGM menjadikan universitas ini satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang tergabung dalam U21.
Lainnya
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi menjadi anggota baru konsorsium global Universitas 21 (U21). Peresmian keanggotaan itu didapatkan setelah Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., melengkapi persyaratan untuk keanggotaan pada bulan Mei 2023.

Melansir situs resmi UGM, bergabungnya UGM menjadikan universitas ini satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang tergabung dalam U21. Masuknya UGM menambah jumlah keanggotaan konsorsium menjadi 28 perguruan tinggi dari 21 negara.

“UGM berharap dengan bergabungnya universitas pada konsorsium U21 dapat membuka jalan bagi kemitraan seluas-luasnya dan kontribusi yang signifikan untuk komunitas akademik di seluruh dunia,” ujar Rektor UGM.

Ova menyebutkan sejak diundang untuk bergabung dengan korsisuum tersebut pada akhir Oktober 2022, UGM telah melewati proses panjang hingga akhirnya secara resmi memperoleh keanggotaannya. Pada April lalu, Rektor UGM bersama Dekan Fakultas Geografi berkesempatan menghadiri Annual General Meeting U21 di Australia sebagai tamu.

U21 memiliki beberapa misi, termasuk dukungan untuk hibriditas, penyediaan kesekretariatan bersama untuk memenuhi kebutuhan anggota, pembangunan berkelanjutan, dan peningkatan kesempatan untuk berbagi dan berkolaborasi. Keanggotaan dalam U21 memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kapasitas mahasiswa, ekspansi keberlanjutan, program mobilitas dan ketenagakerjaan, serta program penelitian dan kepemimpinan global.

U21 juga memiliki program bernama U21 Global Citizens Programme yang memiliki fokus seperti mengembangkan skill leadership untuk mahasiswa yang terfokus pada tantangan sosial dan lingkungan dan program magang skala mikro. Penyelenggaraan berbagai simposium, penelitian bersama, program penelitian tingkat menengah, program inovasi pendidikan dan kepemimpinan global.

Adapun anggota U21 adalah sejumlah universitas ternama di dunia seperti National University of Singapore, University of Birmingham, University of Nottingham, University of Amsterdam, University of Melbourne, Waseda University, dan banyak lainnya.