<p>Universitas Pertamina/Foto: Dok Universitas Pertamina</p>
Nasional

Universitas Pertamina Siapkan Beasiswa Rp1,4 Triliun untuk Mahasiswa di Wilayah 3T

  • JAKARTA – Universitas Pertamina membuka program Beasiswa Ujung Negeri bagi mahasiswa yang tinggal di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto mengungkapkan, program ini diselenggarakan untuk mendukung upaya pembangunan daerah 3T, khususnya di bidang Pendidikan. “Kami ingin memberikan kemudahan akses pendidikan tinggi melalui beasiswa ini,” […]

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Universitas Pertamina membuka program Beasiswa Ujung Negeri bagi mahasiswa yang tinggal di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto mengungkapkan, program ini diselenggarakan untuk mendukung upaya pembangunan daerah 3T, khususnya di bidang Pendidikan.

“Kami ingin memberikan kemudahan akses pendidikan tinggi melalui beasiswa ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 18 Mei 2021. Adapun dana yang telah disiapkan mencapai Rp1,4 miliar.

Beasiswa ini, jelasnya, akan memberikan pembebasan 100% uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan atau delapan semester. Siswa-siswi dari daerah 3T yang terpilih juga akan memperoleh uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta, dan biaya premi asuransi kecelakaan.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Pertamina, lanjut Budi, mereka akan ditanamkan enam nilai universitas, salah satunya adalah socially responsible. Sebab, melalui Beasiswa Ujung Negeri ini diharapkan para lulusan akan kembali ke wilayah asal untuk mendukung pembangunan daerah.

Selama perkuliahan, mahasiswa tersebut juga mendapatkan akses magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina Group. Budi juga tak menampik hal ini membuka peluang karier bagi lulusan terbaik, sesuai syarat dan aturan yang berlaku.

Diketahui, Beasiswa Ujung Negeri untuk tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020. Namun, kandidat akan disaring lagi pada jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5 (lima).

Pendaftaran beasiswa ini dibuka sejak 4 Mei hingga 21 Juni 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran.

Dalam hal ini, peserta diwajibkan menyusun karya tulis bertema Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina.

Adapun selain Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina juga memiliki 15 jenis beasiswa lain. Informasi lengkap tentang beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/.