Ilustrasi Kapal Fregat Rusia.
Dunia

Unjuk Gigi, Kapal Perang Rusia Berlayar di Jepang dan Taiwan

  • Kedua kapal milik Armada Pasifik Rusia itu diperkirakan akan menggelar latihan bersama dengan Angkatan Laut China.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BEIJING – Kapal perang Angkatan Laut Rusia kelas Fregat, Gromkiy dan Sovershenniy, berlayar melewati Taiwan dan Jepang. Kedua kapal itu berlabuh di Pelabuhan Shanghai, Rabu 5 Juli 2023. Kedua kapal milik Armada Pasifik Rusia itu diperkirakan akan menggelar latihan bersama dengan Angkatan Laut China.  

Dalam kunjungan tujuh hari Tersebut , kapal akan melakukan latihan dengan Angkatan Laut China di Shanghai yang akan mencakup manuver formasi, latihan komunikasi dan penyelamatan laut. 

Pada Juni lalu dua kapal tersebut melewati selat Taiwan di tengah ketegangan antara Taiwan dan China. Kedua kapal itu dipantau dan dikawal militer Taiwan selama berlayar di wilayah sengketa tersebut.

Selain itu mereka berlayar melewati pangkalan militer Amerika Serikat di Okinawa Jepang. Kedatangan mereka membuat Angkatan laut Jepang meingirim kapal untuk memantau pergerakan kapal ini hingga meninggalkan wilayah mereka. Pada Maret 2023, Presiden Xi Jinping ke Moskow untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Xi Jinping menuduh Amerika Serikat dan sekutunya telah mengacaukan stabilitas politik global, serta menuduh Nato telah terlalu jauh ikut campur dalam urusan Asia. Sebelumnya Rusia dan China juga membicarakan penguatan hubungan antar dua negara dan Kerjasama militer dalam pertahanan anti-rudal. 

Dikutip dari Reuters Kamis, 6 Juli 2023, Jenderal top Rusia, Gerasimov, mengatakan bahwa kedua belah pihak akan terus memperluas kerjasama militer mereka sebagai upaya pertahanan diri dari musuh-musuh mereka.