<p>Emiten Grup Sinarmas, PT Indah Kiat Pulp &#038; Paper Tbk (INKP) / Dok. Serangkab.info</p>
Korporasi

Untuk Bayar Utang, Indah Kiat Pulp &#038; Paper Rilis Obligasi Rp3,25 Triliun

  • Rencananya, dana segar hasil penerbitan obligasi akan digunakan perseroan untuk pembayaran angsuran utang serta modal kerja.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten kertas PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) milik Grup Sinarmas menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap IV Tahun 2021 dengan nilai Rp3,25 triliun.

Rencananya, dana segar hasil penerbitan obligasi akan digunakan perseroan untuk pembayaran angsuran utang serta modal kerja.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), INKP akan menerbitkan obligasi tersebut dalam tiga seri. Pertama yakni seri A dengan nilai pokok penawaran Rp1,08 triliun dan tingkat bunga tetap sebesar 7,25% per tahun serta tenor 370 hari.

Kedua, seri B dengan nilai pokok penawaran Rp1,89 triliun dan tingkat bunga tetap 9,50% serta memiliki jangka waktu 3 tahun. Terakhir, seri C dengan nilai pokok penawaran Rp277,07 miliar dan tingkat bunga 10,25% serta tenor 5 tahun.

Sekitar 60% dana emisi obligasi akan dipergunakan untuk pembayaran angsuran utang perseroan berupa pokok pinjaman dan/atau bunga. Sisanya akan dipergunakan untuk modal kerja perseroan yang terdiri dari pembelian bahan baku, bahan pembantu produksi, energi dan bahan bakar, barang kemasan serta biaya overhead.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idA+ (single A plus) pada obligasi tersebut. Adapun penawaran umum Obligasi Berkelanjutan I Tahap IV ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan I Indah Kiat Pulp & Paper dengan target pendanaan mencapai Rp10 triliun.

Penjamin pelaksana emisi obligasi berkelanjutan INKP ini antara lain PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas Indonesia, PT Binaartha Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Maybank Kim Eng Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas, PT Sucor Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank KB Bukopin Tbk.

Pelaksanaan tanggal penawaran obligasi berlangsung mulai 16 Maret 2021 – 17 Maret 2021 dengan tanggal penjatahan jatuh pada 19 Maret 2021. Sedangkan, distribusi obligasi akan dilakukan secara elektronik pada 23 Maret 2021 dan pencatatan obligasi di BEI dilakukan pada 24 Maret 2021.

Sebelumnya, INKP telah terlebih dahulu merilis Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2020 dengan nilai Rp1,39 triliun. Di susul penawaran Obligasi Berkelanjutan I Tahap II tahun 2020 sebesar Rp1,8 triliun, kemudian Obligasi Berkelanjutan I Tahap III tahun 2020 dengan jumlah pokok Rp3,55 triliun. (SKO)