Untuk yang di Rumah Tak Perlu Khawatir, PON Papua Bisa Ditonton via Aplikasi Ini.jpg
Nasional

Untuk yang di Rumah Tak Perlu Khawatir, PON Papua Bisa Ditonton via Aplikasi Ini

  • Panitia Besar PON meluncurkan aplikasi PONPapua Stream untuk tayangan siaran langsung seluruh pertandingan yang tersaji pada PON Papua 2021.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Masyarakat Indonesia tak perlu khawatir bakal melewatkan begitu banyak pertandingan selama perhelatan Pekan Olaharga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Dengan teknologi yang makin canggih, Panitia Besar PON meluncurkan aplikasi PONPapua Stream untuk tayangan siaran langsung seluruh pertandingan yang tersaji pada multievent bergengsi tersebut. 

Aplikasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia sebagai respons terhadap adanya pandemi Covid-19. Olimpiade Tokyo 2020, Piala Euro dan beberapa kompetisi internasional lain telah menggunakan aplikasi streaming untuk menayangkan jalannya pertandingan.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan, siaran langsung tersebut meliputi 21 cabang olahraga yang ada di empat klaster penyelenggaraan PON Papua yang berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Dia mengapresiasi upaya panitia yang telah menyajikan penyiaran pertandingan secara langsung sehingga dapat disaksikan seluruh masyarakat Indonesia.

"Pada hari ini (Jumat) saya dengan pengurus KONI yang lain berkunjung ke Nasional Broadcast Center Pekan Olahraga Nasional ke-20 2021. Saya lihat kesiapannya sangat baik, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada teman-teman yang melaksanakan persiapan ini," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu, 26 September 2021.

Dia berharap penyiaran kegiatan olahraga PON Papua tahun ini dapat berjalan lancar dan diterima dengan baik oleh masyarakat pencinta olahraga tanah air.

Adapun PON Papua secara resmi akan dibuka Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang. PON berlangsung selama dua minggu hingga 15 Oktober.

Meski PON Papua belum resmi dibuka, beberapa pertandingan sudah mulai dipertandingkan dan disiarkan secara langsung lewat aplikasi PONPapua Stream.

Beberapa pertandingan yang sudah dimulai antara lain futsal, kriket, dan selancar ombak. Sepakbola sendiri akan dimulai besok Senin, 27 September.

Adapun siaran langsung dapat disaksikan dari aplikasi di bawah ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pon.app