Peluncuran Garuda Indonesia UOB Credit Card di Gandaria City, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.
Perbankan

UOB dan Garuda Luncurkan Produk Kartu Kredit untuk Maksimalkan Kebutuhan Wisatawan Pascapandemi

  • Mengusung slogan "From Shops to Skies", kartu ini memberikan kesempatan kepada para pemegang kartu untuk mengumpulkan triple GarudaMiles pada transaksi ritel di Garuda Indonesia dan double GarudaMiles untuk transaksi ritel lainnya.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank UOB Indonesia dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) bekerja sama untuk meluncurkan kartu kredit. 

Kedua perusahaan melaksanakan peluncuran produk yang dinamakan Garuda Indonesia UOB Credit Card ini pada hari Jumat, 8 Maret 2024. 

Kartu kredit co-branded ini hadir sebagai upaya bersama untuk memperkaya pengalaman perjalanan dan memberikan lebih banyak manfaat kepada nasabah. 

Mengusung slogan "From Shops to Skies", kartu ini memberikan kesempatan kepada para pemegang kartu untuk mengumpulkan triple GarudaMiles pada transaksi ritel di Garuda Indonesia dan double GarudaMiles untuk transaksi ritel lainnya. 

Kemitraan ini merupakan sinergi antara dua pemimpin industri yang berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman perjalanan dan menawarkan keistimewaan eksklusif kepada pemegang kartu. 

Hendra Gunawan, Presiden Direktur UOB Indonesia, menyatakan bahwa Garuda Indonesia UOB Credit Card tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran, melainkan juga dirancang untuk meningkatkan pengalaman perjalanan para nasabah. 

Menanggapi perkembangan global dan perubahan kebutuhan serta preferensi individu, UOB Indonesia dan Garuda Indonesia berusaha memberikan solusi inovatif dan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan yang terus berkembang. 

Data dari TGM Global Travel Survey tahun 2023 menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia menempatkan berbelanja sebagai prioritas utama, sementara 27% lainnya mengutamakan pengalaman bersantap dan mencoba kuliner setempat ketika berlibur. 

Dalam upaya mengakomodasi perubahan tren tersebut, Garuda Indonesia UOB Credit Card memberikan keuntungan berlipat melalui akumulasi GarudaMiles. Pemegang kartu dapat mengumpulkan triple GarudaMiles untuk setiap transaksi retail di Garuda Indonesia dan double GarudaMiles untuk transaksi retail di tempat lain. 

Hal ini sesuai dengan semangat "From Shops to Skies", yang menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih bermanfaat bagi para pelancong dan masyarakat yang gemar berbelanja. 

Dalam konteks peningkatan pengeluaran untuk gaya hidup, UOB ASEAN Consumer Sentiment Study tahun 2023 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih banyak mengeluarkan dana untuk menikmati pengalaman gaya hidup, termasuk bepergian. 

Tren ini juga tercermin pada nasabah UOB Indonesia, di mana pengeluaran untuk berlibur mencapai 14% dari total pengeluaran, mengalami peningkatan sebesar 20% dibandingkan sebelum pandemi. 

"Oleh karena itu, kami senang dapat berkolaborasi dengan mitra yang memiliki kesamaan visi seperti Garuda Indonesia untuk melayani beragam kebutuhan individu di Indonesia dan di kawasan," ujar Hendra dalam acara peluncuran Garuda Indonesia UOB Credit Card di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024. 

Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia, menyatakan bahwa kolaborasi dengan UOB Indonesia merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, khususnya anggota GarudaMiles. 

Garuda Indonesia berusaha meningkatkan pendapatan bisnis ancillary melalui kemitraan strategis ini. Sebagai maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia berkomitmen untuk menghubungkan beragam destinasi di Tanah Air dan memfasilitasi perjalanan domestik dan internasional. 

Selain memberikan miles sebagai reward, Garuda Indonesia UOB Credit Card juga memberikan keistimewaan eksklusif saat terbang dengan Garuda Indonesia. Keuntungan ini mencakup gratis bagasi tambahan sebesar 20kg, reward tiga kali lipat dari GarudaMiles, konter check-in khusus, dan diskon 10% untuk penukaran miles. 

"Kami berharap melalui inisiatif dan penawaran inovatif kepada pelanggan istimewa kami, kami dapat membuat perjalanan mereka lebih nyaman dan memuaskan," papar Irfan dalam kesempatan yang sama. 

Ini adalah langkah konkret untuk membuat perjalanan pelanggan lebih nyaman dan memuaskan, sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia terhadap keunggulan layanan dan keselamatan. 

Transformasi signifikan juga terjadi dalam sektor perjalanan nasabah, terutama dalam pariwisata domestik Indonesia. Studi Statista menunjukkan peningkatan dalam sektor perjalanan dan pariwisata, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan infrastruktur. 

Proyeksi pendapatan sektor ini pada tahun 2024 mencapai US$8,9 miliar, dengan proyeksi pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 5,04 persen dari 2024 hingga 2028, mencapai US$10,9 miliar. 

Dalam rangka memberikan insentif kepada nasabah, Garuda Indonesia UOB Credit Card menawarkan bonus selamat datang bagi pemegang kartu kredit ini. 

Setelah aktivasi, nasabah akan menerima Welcome Bonus sebesar 12.500 GarudaMiles dengan minimal pembelanjaan Rp2,5 juta dalam 90 hari setelah kartu disetujui. 

Bagi mereka yang mengajukan permohonan selama periode peluncuran hingga 30 April 2024, bonus selamat datang khusus mencapai 25.000 GarudaMiles dengan pembelanjaan minimal Rp25 juta dalam waktu 90 hari setelah kartu disetujui. 

Penting untuk dicatat bahwa bonus tersebut dapat digunakan setelah 90 hari dan beberapa ketentuan berlaku, seperti pembelian ritel atau transaksi menggunakan kartu yang akan dikonversi menjadi GarudaMiles dan otomatis ditransfer ke Garuda Indonesia setelah mencapai minimal 250 GarudaMiles. 

Sementara itu, transaksi cicilan, tarik tunai, pembayaran tagihan, dan cash on phone tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan miles rewards. GarudaMiles hanya tersedia untuk kartu kredit aktif dan tidak diblokir. 

Dengan mengunjungi go.uob.com/giuc, nasabah dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai produk dan ketentuan yang ditawarkan oleh Kartu Kredit Garuda Indonesia UOB.