<p>Ilustrasi perbankan digital UOB Indonesia. / Facebook @UOB.id</p>

UOB Indonesia Luncurkan Aplikasi Proses Pembayaran

  • Melalui UOB VANPlus, proses pembayaran nasabah kami dapat berjalan lebih lancar dan mereka tidak perlu lagi melakukan pencatatan dengan kertas atau secara manual.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) meluncurkan sebuah aplikasi berbasis seluler yang dikembangkan dari layanan akun virtual UOB dengan nama UOB VANPlus. Aplikasi ini diperuntukkan bagi nasabah perusahaan dalam mengelola pembayaran agar lebih efisien.

Aplikasi baru ini diklaim dapat membantu memfasilitasi proses penagihan pembayaran antara pihak nasabah perusahaan dengan pelanggan mereka. UOB VANPlus juga dianggap dapat menghemat waktu yang diperlukan oleh nasabah perusahaan dalam melakukan proses pembayaran dari sebelumnya tiga hari menjadi hanya satu hari.

Head of Transaction Banking UOB Indonesia, Wong Kartyono mengatakan bahwa proses pembayaran bulanan merupakan tugas yang memberatkan bagi banyak nasabahnya. Dia bilang, beberapa dari mereka bahkan harus menangani hingga seribu proses pembayaran dalam satu bulan. Hal itu tentu membutuhkan sumber daya tersendiri untuk mengelola proses pelacakan dan rekonsiliasi.

“Melalui UOB VANPlus, proses pembayaran nasabah kami dapat berjalan lebih lancar dan mereka tidak perlu lagi melakukan pencatatan dengan kertas atau secara manual. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu nasabah kami menghemat waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas administratif,” ujarnya melalui keterangan pers yang diterima TrenAsia.com, Jumat 14 Agustus 2020.

Sebagai informasi, UOB VANPlus dikembangkan melalui kerja sama dengan PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses, sebuah perusahaan teknologi keuangan (Fintech) di Indonesia.

Cara Menggunakan VANPlus

Bagi Nasabah perusahaan UOB Indonesia (sebagai pihak yang memproses tagihan atau biller)

  • Biller mengirim tagihan menggunakan aplikasi web UOB VANPlus.
  • Biller dapat menggunakan dasbor daring (online dashboard) kapan pun untuk melihat transaksi dan memproses pembayaran yang diterima dari nasabah. Hal ini akan mempermudah pemantauan dan rekonsiliasi seluruh pembayaran yang diterima melalui UOB VANPlus.
  • Biller dapat mengirim pesan notifikasi (push notification), serta berita atau perkembangan terkini kepada pelanggan aplikasi seluler UOB VANPlus.

Bagi pelanggan akhir Biller (sebagai member):

  • Member akan menerima tagihan bulanan dari Biller dan pengingat pembayaran melalui aplikasi seluler UOB VANPlus.
  • Member dapat melakukan pembayaran secara langsung menggunakan aplikasi melalui e-Wallet.
  • Member juga dapat melakukan pembayaran melalui transfer dana secara real-time di bank cabang atau ATM atau secara tunai di beberapa toko ritel, kantor pos atau Pegadaian. (SKO)